SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo 1964-2016: sejarah perkembangan dan peranannya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Balqis, Almumtahanah (2017) SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo 1964-2016: sejarah perkembangan dan peranannya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (606kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (386kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (461kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (635kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (519kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (507kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (412kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (450kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini fokus pada masalah sebagai berikut : 1) Bagaimana sejarah berdirinya SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo.2) Bagaimana perkembangan SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo tahun 1964-2016. 3) Bagaimana peranan SD Muhammadiyah di bidang pendidikan, dakwah dan sosial tahun 1964-2016.Penelitian ini di susun dengan menggunakan metode sejarah yakni mengungkapkan peristiwa masa lampau dengan beberapa langkah, diantaranya pemilihan topik, heuristik, verivikasi sumber atau kritik, interpretasi, dan historiografi. Adapun pendekatan yang digunakan ialah pendekatan historis yang bertujuan untuk mendeskripsikan peristiwa ketika SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo dirintis hingga berkembang. Didukung pula dengan teori change and continuity dari Cliare Holt yang menggambarkan tentang perkembangan dan perubahan SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo.Hasil penelitian skripsi ini adalah : 1) SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo berdiri pada tahun 1964, dimulai perintisannya pada tahun 1959 oleh para pengurus Muhammadiyah Cabang Sidoarjo yang di dukung pula oleh para pewaqaf. 2) SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo mengalami perkembangan yang cukup pesat beberapa tahun ke belakang ini pada beberapa aspek seperti perkembangan kurikulum, jumlah murid dan guru, dan fasilitas yang disuguhkan. 3) SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo memiliki peran pendidikan dengan yang diraih baik mata pelajaran maupun di bidang ekstrakurikuler, sedangkan untuk bidang dakwah memiliki peran dengan kegiatan-kegiatan agama baik untuk murid, guru, maupun masyarakat sekitar dan untuk di bidang sosial SD Muhammadiyah bersosialisasi dengan membantu masyarakat yang khususnya kurang mampu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Balqis, Almumtahanahncheesepizza180@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Sejarah Peradaban Islam
Uncontrolled Keywords: Sejarah perkembangan SD
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Almumtahanah Balqis
Date Deposited: 01 Aug 2017 08:05
Last Modified: 29 Sep 2017 06:50
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/18003

Actions (login required)

View Item View Item