Sejarah dan Peran YPM dalam Pengembangan Pendidikan, Sosial, dan Keagamaan di Sidoarjo Tahun 1964-2005 M

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firdaus, Muhammad Rizki (2017) Sejarah dan Peran YPM dalam Pengembangan Pendidikan, Sosial, dan Keagamaan di Sidoarjo Tahun 1964-2005 M. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (594kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (292kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (133kB)
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (625kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (984kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Sejarah dan Peran YPM dalam Pengembangan Pendidikan, Sosial, dan Keagamaan di Sidoarjo Tahun 1964-2005 M. Adapun fokus penelitian yang akan dibahas dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana sejarah berdiri dan berkembangnya YPM? (2) Bagaimana peran YPM di Sidoarjo? (3) Bagaimana pandangan masyarakat terhadap YPM?Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode sejarah dengan pendekatan sosiologi. Metode sejarah ini digunakan untuk mengetahui atau mendeskripsikan peristiwa yang terjadi pada masa lampau. Pendekatan sosiologi yaitu menjelaskan tentang peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam masyarakat sepanjang sejak didirikannya YPM. Sedangkan teori yang digunakan adalah teori Peranan yang dicetuskan oleh Talcott Parsons yakni Fungsional Struktural untuk mengetahui fungsi lembaga yang mempunyai struktur dan perannya sendiri-sendiri.Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa, pertama, YPM didirikan oleh KH. Munir Hasyim Latief pada tahun 1964 dengan nama “Yayasan Kesejahteraan Madrasah” yang berlokasi di Sepanjang Sidoarjo. Kemudian berkembang menjadi “Yayasan Pendidikan Ma’arif” (1979), lalu berkembang menjadi “Yayasan Pendidikan dan Sosial Ma’arif” (1994) hingga saat ini. Hal ini ditandai dengan adanya lembaga pendidikan dalam naungan YPM yang tersebar di beberapa daerah selain di Sidoarjo yakni, Mojokerto, Jombang, Gresik, Bojonegoro, Tuban dan Samarinda (Kaltim). Kedua, peran YPM di Sidoarjo yakni dalam bidang pendidikan yang ditandai dengan berdirinya sekolah mulai dari PG, SD, MTs, SMP, SMA, SMK, sampai Perguruan Tinggi (UMAHA), Pondok Pesantren Nurul Islam dan BLK (Balai Latihan Kerja). Dalam bidang sosial yang berupa Panti Asuhan Mabarrot, Poliklinik, bantuan sosial dan lain-lain. Dalam bidang keagamaan ditandai dengan adanya istighotsah, pengajian, haul dan sema’an Al-Quran. Ketiga, penulis mengambil pandangan tokoh dari dua organisasi terbesar di Sepanjang yakni NU dan Muhammadiyah. Pandangan H. Abdus Syakur Sanawi (Nahdliyin) yakni YPM sangat bagus untuk mengembangkan pendidikan yang berada di Sepanjang dari mulai dasar sampai perguruan tinggi. Sedangkan pandangan H. AR Abdul Ghoni (Muhammadiyah) yakni YPM baik dalam mengembangkan pendidikan Islam yang berada di Sepanjang dan dapat bersaing dengan pendidikan Muhammadiyah. Kedua pandangan tersebut sama-sama mendukung adanya YPM yang berada di Sepanjang Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firdaus, Muhammad Rizkim.rizkif16@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Sejarah > Sejarah Indonesia
Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Sejarah YPM
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Firdaus Muhammad Rizki
Date Deposited: 01 Aug 2017 06:44
Last Modified: 01 Aug 2017 06:44
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/17988

Actions (login required)

View Item View Item