Dinamika Pers Nahdlatul Ulama (NU): studi sejarah dan perkembangan Harian Umum Duta Masyarakat tahun 1954-2016 M

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zaini, Ahmad (2017) Dinamika Pers Nahdlatul Ulama (NU): studi sejarah dan perkembangan Harian Umum Duta Masyarakat tahun 1954-2016 M. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (762kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (755kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (714kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (914kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (858kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (469kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (758kB)

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana Peran Nahdlatul Ulama Terhadap Perkembangan Pers Islam di Indonesia? (2) Bagaimana Sejarah dan Perkembangan Harian Umum Duta Masyarakat? (3) Bagaimana Sikap Harian Umum Duta Masyarakat Terhadap Keadaan Sosial-Politik Indonesia Tahun 1954-2016 M? Untuk menjawab permasalahan tersebut, penulis menggunakan metode penelitian sejarah, yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu (1) Heuristik adalah pengumpulan data yang terdiri dari sumber tertulis berupa buku-buku, arsip Duta Masyarakat berupa surat-surat formalnya, koran Duta Masyarakat tahun 1958-1971, dan majalah Berita Nahdlatoel Oelama, Swara NO, Warta, Aula, Risalah, D&R edisi 31 Oktober 1998, serta sumber wawancara dengan pelaku sejarah (KH. Chalid Mawardi, Choirul Anam). (2) Kritik. (3) Interpretasi. (4) Historiografi. Adapun pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan historis dan sosiologis. Sedangkan teori yang penulis gunakan adalah teori siklus peradaban oleh Ibnu Khaldun, teori peranan oleh Levinson. Dengan kedua teori ini dapat dilihat bagaimana pola sejarah dan perkembangan koran Duta Masyarakat serta peran NU terhadap perkembanga pers Islam di Indonesia.Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Peran NU terhadap perkembangan pers Islam di Indonesia diejawantahkan ke dalam beberapa bentuk, yakni koran, majalah, tabloid dan lainnya salah satu yang paling berperan aktif adalah Harian Umum Duta Masyarakat. (2) Harian Umum Duta Masyarakat berdiri sejak tahun 1954 namun pada tahun 1971 dibredel oleh pemerintahan orde baru. Namun, kembali terbit pada tahun 1998 hingga sekarang. (3) Sikap Duta Masyarakat mengalami berbagai perubahan sejalan dengan garis sosial-politik NU yang terjadi pada masa orde lama hingga orde baru, yang secara umum bersikap bebas aktif, yakni bersifat mendukung kepada pemerintah (Soekarno) dan kontra terhadap PKI. Setelah masa reformasi sikap Duta Masyarakat juga mengalami berbagai perubahan sejalan dengan pemimpin umumnya, pada masa Gus Dur Duta Masyarakat bersikap sebagai penengah antara masyarakat dengan pemerintah, dan pada masa Cak Anam, Duta Masyarakat sempat bersikap sebagai media Partai PKB, media Partai PKNU, dan pada akhirnya menjadi koran umum yang bernafaskan NU serta berdakwah melalui dakwah bil qalam dengan berprinsip pada Iqomatul haq wal ‘adl ( menegakkan kebenaran dan keadilan).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zaini, AhmadAhmadzainizaini77@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Sejarah > Sejarah Indonesia
Media Massa
Sejarah Peradaban Islam
Jurnalisme
Nahdlatul Ulama
Uncontrolled Keywords: Sejarah dan perkembangan; Pers Islam Indonesia; Nahdlatul Ulama; Duta Masyarakat
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Zaini Ahmad
Date Deposited: 01 Aug 2017 06:38
Last Modified: 01 Aug 2017 06:38
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/17951

Actions (login required)

View Item View Item