Implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Luar Biasa al Chusnaini

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Prasetya, Rayi Tri (2012) Implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Luar Biasa al Chusnaini. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (933kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (737kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (127kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (119kB)

Abstract

Anak berkebutuhan khusus (ABK) atau anak luar biasa adalah anak dengan karakteristik khusus yang berbeda dengan anak pada umumnya tanpa se]alu menunjukan pada ketidakmampuan mental, emosi a13u fisik. Yang termasuk kedalam ABK atau kebutuhan khusus antara Iain: tunanetra, tunarungu, tunagrahita, tunadaksa, tunalaras, kesulitan belajar, gangguan prilaku, anak berbakat, anak dengan gangguan kesehatan. istilah lain bagi anak berkebutuhan khusus adalah anak luar biasa dan anak cacat. Karena karakteristik dan hambatan yang dimilki, ABK memerlukan bentuk pelayanan pendidikan khusus yang disesuaikan dengan kemampuan dan potensi mereka, contohnya bagi tunanetra mereka memerlukan modifikasi teks bacaan menjadi tulisan Braille dan tunarungu berkomunikasi menggunakan bahasa isyarat. Anak berkebutuan khusus biasanya bersekolah di Sekolah Luar Biasa (SLB) sesuai dengan kekhususannya masing-masing.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar belakang di SLB Al Chusnaini. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi atau pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan clan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Berdasarkan basil penelitian yang telah dilakukan, dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama islam yaitu tentang pencapaian tujuan pembelajaran pendidikan agama islam di SLB Al Chusnaini adalah agar siswa-siswanya menjadi pribadi yang berbudi pekerti luhur, beriman dan bertakwa kepada Allah. serta dapat menerapkan ajaran agama yang telah dipelajarinya dalam kehidupan di masa sekarang clan masa yang akan datang, dalam penggunaan materi di SLB Al Chusnaini sarna masih menggunakan materi yang ada di sekolah nonnal lainnya, sedangkan penggunaan metode dilihat dari kebutuhan siswanya yang mengalami ketunaan karena itu guru selain menggunakan metode hkusus bagi mereka juga menggunakan metode-metode umum Iainnya yang digunakan di sekolah nonnal lainnya, dan evaluasi nya menggunakan tes dan non tes. Jadi dapat di simpilkan bahwa sebenamya pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di SLB di Al Chusnaini di sekolah normal lainnya tidak berbeda jauh akan tetapi yang membedakan adalah kelainan fisik mereka.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Prasetya, Rayi TriUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Uncontrolled Keywords: pendidikan agama Islam; sekolah luar biasa (SLB)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 31 Jul 2017 06:13
Last Modified: 31 Jul 2017 06:13
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/17942

Actions (login required)

View Item View Item