الدلالة التعيينية والضمنية في شعر أنشودة المطر لبدر شاكر السيّاب :دراسة السميائية رولان بارت

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosyidah, Ashriyatur (2017) الدلالة التعيينية والضمنية في شعر أنشودة المطر لبدر شاكر السيّاب :دراسة السميائية رولان بارت. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Semiotic mempelajari system-sistem, aturan-aturan, konvensi-konvensi yang memungkinkan tanda-tanda tersebut mempunyai arti. Dengan semiotika, kita lantas berurusan dengan tanda. Jika diterapkan pada tanda-tanda bahasa, makna huruf, kata, kalimat, tidak memiliki arti pada dirinya sendiri. Tanda-tanda itu hanya mengemban arti dalam kaitannya dengan pembaca. Pembaca itulah yang menghubungkan tanda dengan apa yang ditandakan sesuai dengan konvensi dalam sistem bahasa yang bersangkutan. Begitu juga dengan konsep pemikiran Rollan barthes sebagai penerus Saussure, Barthes menekankan interaksi antar teks dengan pengalaman personal dan kultural penggunanya, interaksi antar konvensi dalam teks dengan konvensi yang dialami dan diharapkan dengan penggunanya. Konsepnya yang operasional ini dikenal dengan tatanan pertandaan. Yaitu denotative dan konotatif.
Dari latar belakang tersebut, lahirlah satu rumusan masalah yang menjadi acuan penelitian ini, yakni : Bagaimana bentuk denotative dan konotatif dalam syi’ir unsyudatul mathar karya badri syakir as-syyab?Dengan rumusan masalah tersebut akan muncul tujuan penelitian sebagai berikut : Untuk mengetahui bentuk denotative dan konotatif dalam syi’ir unsyudatul mathar karya badri syakir as-syyab. Badr Syakir as-Sayyab lahir di desa Jikur sekitar sungai Efret dekat kota Basrah sebelah selatan Irak pada tahun 1962.
Adapun penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata yang tertulis, sebagaimana data yang diperoleh merupakan teks dalam syi’ir unsyudatul mathar. Dengan sumber data adalah syi’ir. Sehingga penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research). Sedangkan metode pendekatan yang digunakan adalah kajian analisis semiotik, yang telah diungkapkan oleh Rolland Barthes tentang denotative dan konotatif.Dan hasil penelitian ini dapat disimpulkan, bahwasanya dalam Sy’ir unsyudatul Mathar, terdapat 25 bentuk denotative dan kontatif. Adapun bentuk denotative dan konotatif pada bait pertama syi’ir unsyudatul mathar karya as-sayyab, pada kata عيناك yang merupakan tanda denotative yang terdiri dari tanda dan petanda, yang mana penandanya adalah عضو من أعضاء الجساد. Adapun tanda konotatifnya adalah جمال المحبوب.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosyidah, Ashriyaturashqie.zafira@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Sastra
Uncontrolled Keywords: Semiotik Rolland Barthes; Syi' ir unsyudatul mathar; Denotatif; Konotatif
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Rosyidah Ashriyatur
Date Deposited: 31 Jul 2017 07:48
Last Modified: 31 Jul 2017 07:48
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/17917

Actions (login required)

View Item View Item