فائدة استخدام الكلام الإنشائي الطلبي في شعر "أنشودة المطر" لبدر شاكر السيّاب

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Noerviana, Ervira (2017) فائدة استخدام الكلام الإنشائي الطلبي في شعر "أنشودة المطر" لبدر شاكر السيّاب. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (607kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (473kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (285kB)
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (231kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (177kB)

Abstract

Dalam ilmu Balaghah kalam insyai yaitu kalam yang pembicaraannya tidak dapat disebut sebagai orang yang benar atau sebagai orang yang dusta. Kalam insyai di bagi menjadi dua yaitu kalam insyai thalabi dan kalam insyai ghoiru thalabi. Adapun permasalahan yang dikaji dalam skripsi ini hanya mengambil sebagian dari ilmu Balaghah yakni ilmu ma’ani dan lebih terfokuskan lagi ke dalam bagian kalam insyai. Maka, yang menjadi fokus dari permasalahan yang akan menjadi kajian dalam skripsi ini adalah kalam insyai thalabi, berkenaan dengan hal di atas skripsi ini membahas tentang faedah kegunaan kalam insyai thalabi dalam syiir unsyudatul mathar karya Badr Syakir al Sayyab. Dalam syiir ini mengandung unsur-unsur Balaghah yaitu kalam insyai thalabi diantaranya adalah nida’ (seruan) dan istifham (kata tanya). Adapun rumusan masalah dalam pembahasan ini adalah: 1) Bagaimana bentuk kalam insyai thalabi dalam syiir Unsyudatul Mathar karya Badr Syakir al Sayyab?, dan 2) Bagaimana faedah makna dari kegunaan kalam insyai thalabi dalam syiir Unsyudatul Mathar karya Badr Syakir al Sayyab? Dengan kedua rumusan masalah tersebut akan muncul tujuan penelitian sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui bentuk kalam insyai thalabi dalam syiir Unsyudatul Mathar karya Badr Syakir al Sayyab, dan 2) Untuk mengetahui faedah makna dari kegunaan kalam insyai thalabi dalam syiir Unsyudatul Mathar karya Badr Syakir al Sayyab. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif, karena data-data yang dikumpulkan berupa kata-kata dan kalimat yang terdapat dalam syiir Unsyudatul Mathar. Kajian teori yang digunakan dalam penelitian ini berupa kajian sastra ilmu Balaghah. Dan hasil penelitian ini dapat disimpulkan, bahwasanya dalam syiir Unsyudatul Mathar karya Badr Syakir al Sayyab peneliti menemukan 38 data dari kalam insyai thalabi yaitu nida 32 bait dan istifham 6 bait. Sedangkan, rahasia makna dari kegunaan nida dengan makna nadbah 22 bait dan istighotsah 10 bait. Dari istifham dengan makna tasywiq 3 bait dan taubikh 3 bait.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Noerviana, Erviraphiracuprit@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan > Sastra Arab
Puisi
Uncontrolled Keywords: Balaghah kalam insyai
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Noerviana Ervira
Date Deposited: 31 Jul 2017 07:09
Last Modified: 31 Jul 2017 07:09
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/17865

Actions (login required)

View Item View Item