الكلام الإنشائي الطلبي في رواية المحبوبات لعالية ممدوح ( دراسة بلاغية )

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Adawiyah, M. Robiatul (2017) الكلام الإنشائي الطلبي في رواية المحبوبات لعالية ممدوح ( دراسة بلاغية ). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (575kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (853kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (873kB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (639kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (727kB)

Abstract

Dalam ilmu balaghah kalam insya’i adalah kalam yang pembicaraannya tidak dapat disebut sebagai orang yang benar atau dusta. Kalam insya’i terbagi menjadi dua macam yaitu kalam insya’i thalabi dan kalam insya’i ghairu thalabi. Adapun dalam skripsi ini hanya membahas kalam insya’i thalabi adalah kalimat yang menghendaki terjadinya sesuatu yang belum terjadi pada waktu kalimat itu diucapkan. Obyek dalam penelitian ini adala novel “ Al Mahbubat “ karya Aliah Mamduh dan sumber data dari teks novel yang sama. Novel ini menceritakan tentang seorang perempuan renta berkebangsaan irak yang terbaring koma tak berdaya di sebuah rumah sakit di paris. Suhaila juga terpisah dari sang suami dan anak wayangnya yang tinggal di Canada bersama istrinya. Dan suhaila hidup sendiri di paris menanti saat kematiannya dengan perasaan takut sambil sesekali bertukar kabar melalui surat dengan anaknya di Canada. Rumusan masalah yang ada pada penelitian ini adalah, apa bentuk kalam insya’i thalabi dalam novel Al Mahbubat karya Aliah Mamduh ? Dan apa makna kalam insya’i thalabi dalam novel Al Mahbubatkarya Aliah Mamduh?Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka dengan menggunakan metode kualitatif sesuai dengan data yang di peroleh berupa kata- kata dan kalimat yang mengandung macam-macam bentuk dan makna kalam insya’i thalabi dalam novel Al Mahbubat karya Aliah Mamduh. Adapun analisis yang digunakan yaitu analisis kalam insya’i thalabi yang merupakan cabang ilmu balaghah. Pada novel Al Mahbubat karya Aliah Mamduh peneliti menemukan bentuk dan makna yang mengandung kalam insyai thalabi. Yang terdiri dari 5 macam bentuk kalam insyai thalabi. Bentuk amar sebanyak 35 data, bentuk istifham sebanyak 40 data, bentuk nahi sebanyak 19 data. bentuk nida’ sebanyak 9 data dan bentuk tamanni sebanyak 5 data. Sedangkan dari segi maknanya terdapat 48 kalam insya’i thalabi yang memiliki haqiqi (makna sebenarnya) dan terdapat 58 kalam insya’i thalabi yang memiliki makna ghairu haqiqi ( makna kiasan )

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Adawiyah, M. Robiatulrubyshafwan085@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Uncontrolled Keywords: Kalam Insyai Thalabi, Novel Al mahbubat, Aliah Mamduh
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Adawiyah M. Robiatul
Date Deposited: 27 Jul 2017 06:45
Last Modified: 27 Jul 2017 06:45
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/17811

Actions (login required)

View Item View Item