الكلام الإنشائي الطلبي في رواية الحب في زمن النفط لنوال السعداوي

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qudsiyah, Lailah (2017) الكلام الإنشائي الطلبي في رواية الحب في زمن النفط لنوال السعداوي. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (379kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (303kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (785kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (762kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (525kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (400kB)

Abstract

Dalam Ilmu balaghah, kalam insya’ yaitu kalam yang pembicaranya tidak dapat disebut sebagai orang yang benar atau orang yang dusta. Kalam insya’ dibagi menjadi dua yaitu kalam insya’ tholabi dan ghoiru tholabi. Adapun dalam skripsi ini hanya membahas tentang kalam insya’ tholabi, kalam insya’ tholabi adalah kalimat yang menghendaki terjadinya sesuatu yang belum terjadi pada waktu kalimat itu diucapkan .Nawal El Sadawi adalah seorang penulis dari Mesir, dia banyak menulis tentang perumpuan dalam novel-novelnya. Salah satu novelnya yakni al hub fi zamanin nifthi yang menceritakan tentang tertindasnya perempuan.Adapun titik fokus permasalahan dalam pembahasan ini adalah:(a) Apa saja bentuk kalam insya’ tholabi dalam novel al hub fi zamanin nifthi ? (b) Apa makna kalam insya’ tholabi dalam novel al hub fi zamanin nifthi?Metode yang digunakan untuk mengkaji kalam insya’ tholabi yang terdapat dalam novel al hub fi zamanin nifthi dengan menggunakan metode analisa stilistika (Balaghah).Penggunaan metode tersebut bertujuan untuk menemukan makna-makna balaghah yang terdapat dalam novel.Berdasarkan dari analisis tersebut dapat diperoleh bahwa dalam novel Nawal El Sadawi terdapat 67 kalam insya’ tholabi dalam bentuk: amar (perintah) yang terdiri dari 20 kalimat, istifham (pertanyaan) yang terdiri dari 19 kalimat , nida (seruan) yang terdiri dari 20 kalimat ,nahi (larangan) yang terdiri dari 8 kalimat . Sedangkan dari segi maknanya terdapat 19 kalam isya’ tholabi yang memiliki makna sebenarnya dan terdapat 48 yang memiliki makna yang tidak sebenarnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qudsiyah, Lailahlailahqudsiyah6@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan > Sastra Arab
Kesusastraan
Keywords: Kalam insyai, Novel al hubb fii zamani an nuqthi, Nawal el Sadawi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Lailah Qudsiyah
Date Deposited: 27 Jul 2017 04:59
Last Modified: 27 Jul 2017 04:59
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/17803

Actions (login required)

View Item View Item