المحسنات اللفظية في شعر ميخائيل نعيمة في باب "النهر المجتهد"

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Karimah, Nisaul (2017) المحسنات اللفظية في شعر ميخائيل نعيمة في باب "النهر المجتهد". Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (715kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (676kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (955kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (615kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (798kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (611kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (385kB) | Preview

Abstract

Mempelajari ilmu badi’ sangatlah penting di kalangan mahasiswa sastra karena llmu ini ditujukan untuk menguasai seluk beluk sastra sehingga memudahkan seseorang dalam meletakkan kata-kata sesuai maknanya, sehingga kata-kata tersebut menjadi indah, enak didengar dan mudah diucapkan. Pada penelitian ini, penulis menggunakan salah satu objek kajian ilmu badi’ yaitu tata cara memperindah kalimat dari segi lafaz sebagai pendekatan dalam membahas “keindahan lafaz dalam puisi Mikhail Naimah pada bab Sungai Membeku”. Mikhail Naimah merupakan salah satu penyair terkenal pada masa modern, beliau salah seorang yang mempelopori pembaharuan pada saat itu, karya-karyanya banyak dan terkenal, salah satunya yakni puisi Sungai Membeku. Peneliti tertarik meneliti puisi ini karena bahasanya yang indah dan menyentuh hati bagi pembacanya. Puisi ini berisi tentang ratapan seorang penyair yang menyia-nyiakan masa mudanya akibatnya ia ditinggalkan kekasihnya pergi, ratapan dan kesedihan hatinya inilah digambarkan sebagai sungai yang membeku. Dari puisi ini kita bisa mengambil hikmah bahwa kita sebagai manusia jangan menyia-nyiakan masa muda kita dan melewatinya begitu saja, kita harus menggunakan waktu kita sebaik-baiknya dengan perbuatan yang baik. Adapun rumusan masalah yang melatar belakangi penelitian ini yaitu: 1. Bagaimana bentuk keindahan lafaz dalam puisi Mikhail Naimah pada bab “sungai membeku”? 2. Apa saja jenis keindahan lafaz dalam puisi Mikhail Naimah pada bab “sungai membeku”? Adapun penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yakni prosedur pemecahan masalah yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data dan menganalisisnya. Sumber data penelitian ini dari bait puisi “Sungai Membeku” yang terdiri dari 46 bait, dan datanya yakni bentuk kalimat yang mengandung keindahan lafaz yang terdapat dalam puisi “Sungai Membeku”. Dan tahap penelitiannya adalah membaca dan memahami konsep-konsep yang berkaitan dengan keindahan lafaz, mengumpulkan data berdasarkan referensi yang berhubungan dengan bahasan peneliti dan menyusun hasil penelitian secara sistematis yang akan disajikan dalam bentuk skripsi. Setelah melakukan pengkajian dalam puisi “Sungai Membeku” peneliti menemukan 23 data dari keindahan lafaz yaitu 1 data dari jinas, dan 22 dari saja’.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Karimah, Nisaulnisaulkarimah387@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Puisi
Sastra
Uncontrolled Keywords: Syi'ir sungai membeku; Mikhail Naimah; keindahan lafadz
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Karimah Nisaul
Date Deposited: 27 Jul 2017 04:07
Last Modified: 26 Sep 2017 04:18
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/17790

Actions (login required)

View Item View Item