العواطف في رواية عذراء جاكرتا لنجيب الكيلاني

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholichah, I'anatus (2017) العواطف في رواية عذراء جاكرتا لنجيب الكيلاني. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (484kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Novel “Gadis Jakarta” adalah salah satu karya Najib Kaelani. Dalam novel Najib Kaelani menceritakan tentang kondisi pergolakan politik Indonesia pada tahun 1965 yang telah mengisahkan perjuangan seorang gadis bernama Fatimah yang merupakan putri dari ketua Masyumi. untuk membebaskan ayah dan kekasihnya yang ditahan oleh partai, karena menentang haluan ideologi PKI yang pada saat itu telah menjadi musuh utama partai Masyumi. Fatimah hanyalah gadis biasa yang berhasil memulangkan ayah dan kekasihnya, tapi kabar yang lebih menyakitkan saat itu Fatimah pulang sudah berada dalam peti kayu dengan baju putih yang dikenakannya berlumuran darah. Gadis yang bernama Fatimah tersebut meninggal dunia sebagai seorang syahidah. Dalam penelitian ini, peneliti mengangkat 1 rumusan masalah. Yakni, Emosi Syakhsiyah (Emosi yang berdampak Positif) yaitu perasaan pribadi yang dirasakan tokoh-tokoh dalam cerita. Meliputi bahagia, pujian, membela, cinta, penyemangatan, dan pengorbanan. Emosi Alimah (Emosi yang berdampak Negatif) perasaan yang menimbulkan kesedihan yang ada dalam tokoh-tokoh cerita ini. meliputi sedih, marah, takut, bingung, benci, gelisah dan ketidakadilan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Psikologi Sastra. Data yang dihasilkan yaitu, Emosi Syakhsiyah memiliki 6 emosi, yakni: Bahagia terdiri dari 4 data diantaranya (tertawa, bahagia, bahagia, tersirat). Pujian terdiri dari 2 data diantaranya (tersirat, tersirat). Membela terdiri dari 3 data diantaranya (tersirat, tersirat, tersirat). Cinta terdiri dari 3 data diantaranya (tersirat, kangen, tersirat). Penyemangatan terdiri dari 3 data diantaranya (tersirat, membangkitkan, memperoleh dukungan) dan Pengorbanan terdiri dari 3 data diantaranya (siap menerima segala kemungkinan, aku rela menerimanya, menerima pukulan) Sedangkan Emosi Alimah memiliki 7 emosi, yakni: Sedih terdiri dari 3 data diantaranya (sedih, tersirat, kesedihan). Marah terdiri dari 3 data diantaranya (teriak, bentaknya, menggertakkan). Takut terdiri dari 3 data diantaranya (takut, tersirat, takut). Bingung terdiri dari 3 data diantaranya (ragu, bingung, sedikit bingung). Benci terdiri dari 3 data diantaranya (ejekan dan olokan, tersirat, tersirat) gelisah terdiri dari 3 data diantaranya (tersirat, gelisah, tersirat) dan ketidakadilan terdiri dari 3 data diantaranya (dizalimi, tersirat, tersirat). Masing-masing emosi memiliki pengaruh terhadap kejiwaan, perilaku, dan perubahan fisik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholichah, I'anatussholihahianatus@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Sastra
Uncontrolled Keywords: Awaathif; Riwayah; Najib Kaelani
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Sholicha I'anatus
Date Deposited: 26 Jul 2017 07:38
Last Modified: 26 Jul 2017 07:38
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/17757

Actions (login required)

View Item View Item