إعداد المواد التعليمية لتنمية مهارة القراءة (بحث تطويري في الجامعة لامونجان الإسلامية )

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sa'adah, Hurin Innihayatus (2016) إعداد المواد التعليمية لتنمية مهارة القراءة (بحث تطويري في الجامعة لامونجان الإسلامية ). Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (22MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (555kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (848kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (857kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (616kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan pembelajaran Bahasa Arab adalah bagaimana mahasiswa menguasai kemampuan mendengar (Istima ’)berbicara (kalam), membaca (qi roah), menulis (kitabah)dengan baik dan benar. Akan tetapi realita yang terjadi di Universitas Islam Lamongan, banyak mahasiswa yang tidak menguasai kemampuan membaca,padahal membaca merupakan kemampuan yang ditujukan untuk mahasiswa disana. Dan kebanyakan kesulitan terdapat pada bacaan dan memahami makna ketika mereka membaca teks-teks berbahasa Arab, dengan berbagai penyebab yang berbeda-beda dan berbagai macam latar belakang pendidikan mereka.Untuk mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut, maka peneliti mendesain materi pembelajaran dengan judul “Taisir al-Arabiyyah al-Ula” untuk meningkatkan kemampuan membaca, dan peneliti menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R & D)dengan pendekatan kuantitatif untuk mendesain materi pembelajaran dan mengetahui efektifitas materi pembelajaran, penelitian ini menggunakan beberapa cara untuk mengumpulkan data, diantaranya: pre-test dan post-test, sampel dan wawancara. Dan setelah mendesain materi tersebut, kemudian divalidasi oleh validator yang mana hasilnya adalah 80 artinya Mumtaz, kemudian diuji coba terhadap mahasiswa dan dianalisis dengan analisis Anova untuk mengetahui sampai manakah efektivitasnya, dan hasil analisi tersebut menunjukkan bahwa materi bahan ajar tersebut cocok untuk pembelajaran dengan nilai 4,0 yang berarti kesalahan 5 % atau 12,7 yang berarti kesalahan tersebut 1%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sa'adah, Hurin Innihayatuschoirotulula@ymail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Uncontrolled Keywords: Desain pembelajaran; Bahasa Arab
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Sa'adah Hurin Innihayatus
Date Deposited: 07 Aug 2017 08:29
Last Modified: 07 Aug 2017 08:29
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/17704

Actions (login required)

View Item View Item