Pengaruh pemberian reward terhadap peningkatan motivasi belajar pendidikan agama Islam kelas X-2 SMA Mujahidin Perak Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dewinta, Falynda Ika (2012) Pengaruh pemberian reward terhadap peningkatan motivasi belajar pendidikan agama Islam kelas X-2 SMA Mujahidin Perak Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (703kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (223kB) | Preview
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (953kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (951kB)
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (149kB) | Preview

Abstract

Alat pembelajaran merupakan suatu teknik untuk mencapai tujuan. Dengan adanya berbagai teknik pembelajaran diharapkan kegiatan belajar mengajar dapat berjalan sesuai dengan tujuan pendidikan, namun dalam kenyataannya masih ada siswa yang tidak fokus pada pelajaran, untuk itu diperlukan dorongan yang sesuai dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Adapun salah satu cara yang digunakan untuk mendorong agar para siswa lebih termotivasi untuk mencapai tujuan pembelajaran adalah dengan diterapkannya reward, dengan menerapkan reward diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, karena dengan adanya reward akan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dalam proses belajar mengajar. Pemberian reward ini dapat menimbulkan motivasi sehingga siswa akan antusias dalam belajar materi Pendidikan Agama Islam. Dalam kegiatan belajar mengajar memang perlu siswa itu diberi reward sebagai salah satu pengehargaan bagi mereka yang berprestasi dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan reward pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, bagaimana motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, serta adakah pengaruh reward terhadap peningkatan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas X-2 SMA Mujahidin Perak Surabaya. Untuk mengetahui pengaruh pemberian reward terhadap peningkatan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMA Mujahidin Perak Surabaya, penulis menggunakan metode regresi linear sederhana yang dibantu dengan program spss, serta dengan menggunakan metode dokumentasi, angket,interview dan observasi. Adapun metode analisis yang digunakan adalah analisis data dengan melaksanakan uji validitas, uji reliabilitas dan uji t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian dari analisis data yang diperoleh dari hasil penelitian mengenai pengaruh reward terhadap peningkatan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam mempunyai pengaruh yang signifikan untuk meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam yaitu sebesar 60,2%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dewinta, Falynda Ika--UNSPECIFIED
Subjects: Motivasi Belajar
Uncontrolled Keywords: Reward; motivasi belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Jul 2017 04:36
Last Modified: 08 Dec 2017 14:56
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/17685

Actions (login required)

View Item View Item