Fikih prioritas antara menikah dan belajar ditinjau dari segi masalahnya: studi pemuda pemudi masyrakat Desa Wedi Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Falahah, Maghfirotul (2017) Fikih prioritas antara menikah dan belajar ditinjau dari segi masalahnya: studi pemuda pemudi masyrakat Desa Wedi Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (570kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (770kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (692kB) | Preview

Abstract

Tesis ini mengkaji tentang fikih prioritas, dalam pembahasannya mencakup tentang implementasi dari fikih prioritas yang kemudian dibahas dengan pendekatan teori Maslahah, kaidah-kaidah fikih dan dipertimbangkan dengan kaidah-kaidah fikih prioritas. Dalam tesis ini, penulis membahas tentang realitas sosial sebagai bentuk aplikasi dari fikih prioritas dengan menganalisa fakta yang telah terjadi pada masyarakat desa Wedi kecamatan Gedangan kabupaten Sidoarjo, yaitu pertimbangan prioritas antara menikah dan melanjutkan studi yang kemudian dianalisa dari segi kemaslahatan kedua masalah tersebut. Untuk memudahkan pemahaman dan pembahasan masalah ini, penulis membuat rumusan masalah yaitu bagaimana fikih menikah dan fikih belajar? Dan bagaimana prioritas antara menikah dan belajar di desa Wedi kecamatan Gedangan kabupaten Sidoarjo dalam tinjauan maslahah. Tesis ini menggunakan metode kualitatif yang bertujuan agar data yang diperoleh lebih lengkap, lebih mendalam, kredibel dan bermakna sesuai hakikat penelitian kualitatif. Adapun analisis data, penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif karena masalah penelitian belum begitu jelas, sehingga untuk mendapatkan informasi dan data peneliti langsung masuk ke obyek atau subyek penelitian, dengan berhubungan langsung dengan masyarakat sebagai responden. Adapun aplikasi konsep fikih prioritas dalam masalah pemilihan antara melanjutkan studi atau menikah pada pemuda pemudi masyarakat desa Wedi, sebagai salah satu contoh, adalah dengan mempertimbangkan maslahat dan madarat ketika mendahulukan salah satu dari kedua masalah tersebut. Analisis data dengan metode kualitatif pada aplikasi konsep fikih prioritas pada penelitian ini menunjukkan bahwa masyarakat desa Wedi pada tahun 2014 sebanyak 60 % dari 30 responden yang memilih melanjutkan studi dan 40 % memilih menikah. Hal tersebut didasari dengan beberapa alasan diantaranya 14 pemuda pemudi memilih mengejar cita-cita, 3 memilih alasan karena permintaan orang tua dan 1 memilih alasan lainnya. Adapun pemuda pemudi yang memilih menikah terdapat 7 pemuda pemudi memilih alasan tidak memiliki biaya, 1 tidak adanya kemauan untuk melanjutkan studi dan 4 pemuda pemudi memilih alasan lainnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Falahah, Maghfirotulmaghfirotulfalahah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Fikih
Dirasah Islamiyah
Keywords: Fikih prioritas; maslahah Yusuf Qardhawi al Buthi
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Falahah Maghfirotul
Date Deposited: 24 Jul 2017 04:07
Last Modified: 25 Aug 2017 03:38
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/17678

Actions (login required)

View Item View Item