Peran layanan bimbingan belajar dalam meningkatkan prestasi belajar matematika pada anak tunagrahita ringan di sekolah luar biasa Negeri Gedangan Sidoarjo

Qoyyimah, Mujahidatul (2012) Peran layanan bimbingan belajar dalam meningkatkan prestasi belajar matematika pada anak tunagrahita ringan di sekolah luar biasa Negeri Gedangan Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (596kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab. 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab. 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab. 3.pdf

Download (517kB) | Preview
[img] Text
Bab. 4.pdf

Download (844kB)
[img] Text
Bab. 5.pdf

Download (177kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (137kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dalam mengkaji layanan bimbingan belajar bagi siswa tunagrahita ringan di SLB Negeri Gedangan Sidoarjo, dengan tujuan unruk mengetahui bagaimana pelaksanaan layanan bimbingan belajar, bagaimana prestasi belajar siswa tunagrahita clan peran layanan bimbingan belajar dalam meningkatkan prestasi belajar matematika bagi siswa tunagrahita ringan di SLB Negeri Gedangan Sidoarjo. Pelaksanaan penelitian memerlukan waktu kurang lebih satu minggu ( 23 juli 2012 - 02 Agustus 2012), dengan menggunakan penelitian kualitatif dan dilakukan dengan metode observasi, wawancara, tes, dan data dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses layanan bimbingan belajar bagi siswa tunagrahita ringan yang dilakukan di SLB Negeri Gedangan Sidoarjo sudah berjalan sesuai dengan program bimbingan dan konseling. Upaya bimbingan konseling dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VIIl-A adalah melalui metode teknik congklak, Adapun pelaksanaannya guru bimbingan clan konseling dibantu guru mata pelajaran matematika, melalui upaya tersebut diharapkan siswa tunagrahita ringan dapat meningkatkan prestasi belajar terutama pada bidang akademik matematika. Dari perolehan dan observasi, diketahui nilai rata-rata sebelum adanya tekhnik congklak. adalah 65, dan sesudah adanya bimbingan belajar nilai rata-rata siswa meningkat yaitu 8,08 dengan analisis regresi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Maksum, Ali
Uncontrolled Keywords: layanan bimbingan belajar; prestasi belajar; anak tunagrahita
Subjects: Bimbingan Belajar
Pendidikan > Prestasi Belajar
Psikologi > Tuna Grahita
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Jul 2017 06:46
Last Modified: 18 Jul 2017 06:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/17592

Actions (login required)

View Item View Item