Aktualisasi diri guru dalam proses pencapaian tujuan pembelajaran: tinjauan psikologis dengan pendekatan teori aktualisasi diri Abraham Harold Maslow

Abidin, Zainal (2000) Aktualisasi diri guru dalam proses pencapaian tujuan pembelajaran: tinjauan psikologis dengan pendekatan teori aktualisasi diri Abraham Harold Maslow. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (91kB) | Preview
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (690kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (973kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (920kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (184kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (190kB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/17584

Abstract

Dalam upayanya untuk berhasil dalam mencapai tujuan pembelajaran, seorang guru tidak hanya ditutunt mahir dalam ilmu pengetahuan tersebut, tetapi juga ia harus mahir dalam merumuskan tujuan pembelajaran, baik itu tujuan pembelajran umum (TIU) maupun tujuan pembelajaran khsusus (TIK). Berhasil dan tidaknya suatu pembelajaran dapat dilihat melalui tercapainya tujuan pembelajaran khusus. Bila tujuan pembelajaran khusus saja tidak tercapai, maka sudah barang tentu tujuan pembelajaran umum juga tidak tercapai. Penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk mengetahui konsep aktualisasi diri menurut Abraham Harold Maslow. Untuk mengetahui profil guru yang sukses dalam proses pencapaian tujuan pembelajaran. Dan untuk mengetahui implikasi teori aktualisasi diri Abraham Harold Maslow pada proses pencapaian tujuan pembelajaran. Dari hasil pembahasan disimpulkan diantaranya bahwa menurut Abraham Harold Maslow bahwa self actualization concept (konsep aktualisasi diri) adalah hasrat individu untuk menjadi orang yang sesuai dengan keinginan dan potensi yang dimilikinya. Atau, hasrat individu untuk menyempurnakan segenap potensi yang dimilikinya. Profil guru yang sukses atau berhasil dalam proses pencapaian tujuan pembelajaran, ialah ketika dalam mengajar ia dapat menunjukkan kapabilitasnya (kemampuan merumuskan tujuan, kemampuan menguasai bahan, mengelola program pembelajaran dan kemampaunkemampuan lainnya) dengan baik kepada subjek belajar sehingga tujuan-tujuan yang telah dirumuskan, baik TIK (Tujuan Instruksional Khusus) maupun TIU (Tujuan Instruksinal Umum)-nya dapat dicapai dengan baik oleh anak didik.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Tholabi, Tajuddin
Uncontrolled Keywords: Tujuan pembelajaran; teori aktualisasi diri; Abraham Harold Maslow
Subjects: Pendidikan > Profesionalisme Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Jul 2017 03:41
Last Modified: 08 Dec 2017 14:47
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/17584

Actions (login required)

View Item View Item