Perilaku prososial masyarakat Samin di Dusun Tanduran Blora Jawa Tengah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Susanti, Kasih (2012) Perilaku prososial masyarakat Samin di Dusun Tanduran Blora Jawa Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (548kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (92kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (177kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (790kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (709kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (127kB) | Preview

Abstract

Perilaku prososial merupakan intensi untuk mengubah keadaan fisik atau psikologis penerima bantuan dari kurang baik menjadi lebih baik, dalrun hal ini dapat dikatakan bahwa perilaku prososial bertujuan untuk membantu meningkatkan well being orang lain. Masyarakat Samin dalrun bersosialisasi dengan lingkungannya tidak dapat dilepaskan deangan tradisi besar kebudayaan Jawa yakni rukun, harmoni atau selaras, dan slamet. Kerukunan masyarakat Samin (secara normatif) dilakukan terhadap semua unsur dengan pnns1p keseJarasan diwujudkan dengan hubungan simetris antara diri dengan lingkungannya dengan senantiasa saling tolong menolong. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perilaku prososial masyarakat samin. Tujuan yang ingin dicapai adalah mengetahui bentuk-bentuk perilaku prososial masyarakat Samin. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian etnografi. Adapun subyek penelitian ini adalah masyarakat Samin di Dusun Tanduran Blora Jawa Tengah. Dari hasil penelitian ini terdapat beberapa bentuk tindakan prososial dari masyarakat Samin yaitu kedennawanan, persahabatan, kerjasama, menolong, dan pengorbanan. Ada tiga indikator yang menjadi tindakan prososiai masyarakat Smnin, yaitu tindakan itu berakhir pada dirinya sendiri dan tidak menuntut keuntungan pada pihak pelaku, tindakan itu dilahirkan secara sukarela. Motivasi mereka untuk. bertindak prososial, yaitu tindakan prososial semata-mata dimotivasi oleh perhatian terhadap kesejahteraan orang lain, selain itu mereka juga dimotivasi oieh keinginan untuk senantiasa menjaiankan konsep seduiuran sebagai salah satu bentuk ajaran Saminisme.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Susanti, KasihUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak > Akhlak Mulia
Masyarakat
Perilaku
Uncontrolled Keywords: masyarakat Samin; perilaku prososial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 17 Jul 2017 07:59
Last Modified: 17 Jul 2017 07:59
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/17575

Actions (login required)

View Item View Item