Bimbingan dan konseling Islam dalam mengembangkan self control siswa pengguna teknologi komunikasi handphone saat kegiatan belajar mengajar berlangsung: studi kasus siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 5 Surabaya

Kuncoro, Janur Sandi (2012) Bimbingan dan konseling Islam dalam mengembangkan self control siswa pengguna teknologi komunikasi handphone saat kegiatan belajar mengajar berlangsung: studi kasus siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 5 Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (682kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (810kB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (162kB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/17572

Abstract

Fokus penelitian ini adalah (1) Apa faktor penyebab lemahnya self control siswa? (2) Bagaimana Bimbingan dan Konseling Islam dalam mengembangkan self control siswa pengguna teknologi komunikasi handphone saat kegiatan belajar mengajar berlangsung? (3) Bagaimana keberhasilan konselor dalam menangani lemahnya self control siswa? Dalam menjawab pennasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode analisa deskriptif kualitatif Adapun langkahnya adalah penelitian pengumpulan data yang diperoleh dari basil wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian data tersebut di analisis dan dijelaskan sesuai dengan fakta yang terjadi. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan dan dapat diketahui faktor penyebab lemahnya self control siswa adalah kurangnya dorongan orang tua terhadap disiplin tata tertib sekolah, perilaku orangtua yang selalu memanjakan anaknya, model pergaulan siswa disekolah maupun di luar sekolah, dan pemberian fasilitas handphone dari orang tua siswa yang berlebihan. Dalam pelaksanaan Bimbingan dan Konseling Islam disini pembimbing menggunakan beberapa metode diantaranya adalah: metode kelompok yang meliputi metode razia bulanan, razia langsung, dan bimbingan pengarahan, sedangkan metode individual meliputi metode pemberian poin pelanggaran, metode surat perjanjian, memberikan perhatian khusus dalam penanaman akhlak kepada siswa melalui penerapan kedisiplinan tata tertib sekolah. Dari beberapa metode tersebut yang paling efektif digunakan oleh pembimbing adalah metode razia dan pemberiaan poin pelanggaran, dengan metode tersebut selain dapat mengetahui siswa bennainĀ­ main handphone pada saat KBM berlangsung juga dapat mengetahui siswa penyimpan gambar-gambar maupun video porno. Dan sebagai basil akhir dari penelitian ini, cara untuk mengetahui keberhasilan konselor dalam memberikan Bimbingan dan Konseling kepada siswa, ditinjau dari perilaku siswa sehari-hari yaitu siswa mampu merubah sikapnya menjadi lebih baik dan tidak melakukan pelanggran tata tertib sekolah. Dan ini menunjukkan keberhasilan konselor dalam mengembangkan self control siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Ningsih, Yusria
Uncontrolled Keywords: Bimbingan dan konseling Islam; self control; teknologi komunikasi handphone
Subjects: Bimbingan Konseling
Belajar
Teknologi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 17 Jul 2017 07:40
Last Modified: 08 Dec 2017 14:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/17572

Actions (login required)

View Item View Item