Hubungan antara kemampuan penyesuaian diri dengan tingkat kecemasan Ibu dalam menghadapi masa menopause

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Emjifari, Anisah (2012) Hubungan antara kemampuan penyesuaian diri dengan tingkat kecemasan Ibu dalam menghadapi masa menopause. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (557kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (837kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (542kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (715kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (121kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (200kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu apakah ada hubungan antara kemampuan penyesuaian diri dengan tingkat kecemasan ibu dalam menghadapi masa menopause. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah hubungan antara kemampuan penyesuaian diri dengan tingkat kecemasan pada ibu dalam menghadapi masa menopause di RW 05 Dusun Ngemplak Desa Pagerwojo Kecamatan Buduran-Sidoarjo. Adapun hipotesis penelitian ini adalah "ada hubungan antara kemampuan penyesuaian diri dengan tingkat kecemasan ibu dalam menghadapi masa menopause". Untuk mengungkap persoalan tersebut diatas, penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang digunakan untuk memeriksa fakta dan data mengenai hubungan antara penyesuaian diri dengan tingkat kecemasan ibu dalam menghadapi masa menopause. Subyek dalam penelitian ini adalah ibu-ibu yang akan menghadapi menopause di RW 05 Dusun Ngemplak Desa Pagerwojo dengan jumlah 75 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan skala likert dengan teknik analisis data menggunakan analisis korelasi product moment dengan bantuan komputer program Statistic Package For Social Science (SPSS) versi 16/or windows. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan analisis product moment diperoleh angka korelasi sebesar -0,506 dengan taraf signifikansi 0,000. Karena signifikansi 0,000 < 0,05 maka hipotesis yang menyatakan terdapat hubungan antara penyesuaian diri dengan tingkat kecemasan ibu dalam menghadapi masa menopause diterima. Artinya ada hubungan antara penyesuaian diri dengan tingkat kecemasan ibu dalam menghadapi masa menopause Berdasarkan harga koefisien korelasi yang negatif yaitu -0,506, hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kemampuan penyesuaian diri maka akan semakin rendah tingkat kecemasan ibu dalam menghadapi masa menopause, dan sebaliknya semakin rendah kemampuan penyesuaian diri maka akan semakin tinggi tingkat kecemasan ibu dalam menghadapi masa menopause.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Emjifari, AnisahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Depresi
Keluarga > Keluarga Berencana
Keywords: penyesuaian diri; kecemasan ibu; masa menopause
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 17 Jul 2017 07:39
Last Modified: 17 Jul 2017 07:39
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/17570

Actions (login required)

View Item View Item