Bimbingan dan konseling Islam dengan terapi behavior dalam mengatasi perilaku menyimpang seorang anak akibat melihat sinetron (FTV) di Kecamatan Bangsal Kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zachruni, Sylvia (2012) Bimbingan dan konseling Islam dengan terapi behavior dalam mengatasi perilaku menyimpang seorang anak akibat melihat sinetron (FTV) di Kecamatan Bangsal Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstraksi.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (946kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (675kB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (692kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (259kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (152kB)

Abstract

Fokus penelitian : (1) Perilaku menyimpang apa yang ditiru anak-anak akibat melihat sinetron (FTV) di Kecamatan Bangsal Kabupaten Mojokerto?, (2) Bagaimana penerapan terapi behavior dalam mengatasi perilaku menyimpang seorang anak akibat melihat sinetron (FTV) di Kecamatan Bangsal Kabupaten Mojokerto?, (3) Bagaimana hasil penerapan terapi behavior dalam mengatasi perilaku menyimpang seorang anak akibat melihat sinetron (FTV) di Kecamatan Bangsal Kabupaten Mojokerto? Dalam menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan teori dengan data yang ada di lapangan. Untuk mendapatkan data dari konseli, konselor melakukan wawancara, dan observasi di lapangan. Dalam penelitian kali ini, konselor menggunakan terapi behavior dengan teknik kontrak perilaku. Kontrak perilaku adalah persetujuan antara dua orang atau lebih (konselor dan konseli) untuk mengubah perilaku tertentu pada konseli. Apabila konseli dapat merubah perilakunya menjadi lebih baik, konseli akan mendapatkan ganjaran (reward). sesuai dengan persetujuan antara konselor dan konseli yang telah di buat di awal pertemuan. Dalam permasalahan kali ini, konseli melakukan perilaku menyimpang, yang dimaksud perilaku menyimpang dalam hal ini adalah perilaku konseli yang masih anak-anak sudah meniru perilaku yang ada di sinetron (FTV). Padahal perilaku tersebut adalah perilaku-perilaku yang dilakukan oleh orang dewasa, dan tidak sepatutnya dilakukan oleh anak seusia konseli, misalnya:gaya bergaul, percintaan, dan gaya bicaranya. Hasil akhir dari proses konseling dalam penelitian ini lumayan cukup berhasil, hal itu ditunjukkan konseli dalam perubahan perilakunya, yaitu konseli hampir tidak pemah melihat sinetron (FTV) pada saat pulang sekolah, dia lebih memilih untuk beristirahat daripada melihat televisi. Konseli juga sudah mulai merubah gaya hidupnya menjadi lebih baik. Konseli sekarang lebih berkosentrasi untuk sekolahnya daripada sms-an, dan melihat televisi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zachruni, SylviaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Perilaku
Psikoterapi
Teknologi
Keywords: bimbingan konseling Islam; terapi behavior; perilaku menyimpang; sinetron
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 17 Jul 2017 07:07
Last Modified: 17 Jul 2017 07:07
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/17567

Actions (login required)

View Item View Item