Bimbingan dan konseling Islam dengan rational emotive behavior therapy dalam menumbuhkan minat kerja pada remaja: studi kasus : seorang remaja lulusan pondok pesantren yang belum bekerja di Desa Sekaran Kecamatan Sekaran Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masfufah, Rif’atul (2012) Bimbingan dan konseling Islam dengan rational emotive behavior therapy dalam menumbuhkan minat kerja pada remaja: studi kasus : seorang remaja lulusan pondok pesantren yang belum bekerja di Desa Sekaran Kecamatan Sekaran Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (121kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (461kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (917kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (548kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (171kB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah (1) Apa saja faktor penyebab kurangnya minat kerja pada Rem.aja lulusan pondok pesantren?, (2) Bagaimana proses Bimbingan dan Konseling Islam dengan Rational Emotive Behavior Therapy dalam menumbuhkan minat kerja pada Remaja (Studi kasus seorang remaja lulusan Pondok pesantren yang belum bekerja di Desa Sekaran Kecamatan Sekaran Kabupaten Lamongan)? (3) Bagaimana basil dari proses Bimbingan dan Konseling Islam dengan Rational Emotive Behavior Therapy dalam menumbuhkan minat kerja pada Remaja (Studi kasus seorang remaja Iulusan Pondok pesantren yang belum bekerja di Desa Sekaran Kecamatan Sekaran Kabupaten Lamongan)? Dalam menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisa deskriptif komparatif. Dalam menganalisa faktor-faktor yang menyebabkan seorang remaja tidak memiliki minat bekerja yaitu prosesnya menggunakan analisa deskriptif. Sedangkan proses dan hasil akhir dari pelaksanaan Bimbingan clan Konseling Islam dengan Rational Emotive Behavior Therapy dalam menumbuhkan minat kerja pada remaja lulusan pondok pesantren yang belum bekerja dengan menggunakan analisa deskriptif komparatif, yang mana penulis membandingkan data teori clan data yang terjadi di lapangan serta membandingkan kondisi klien sebelum dan sesudahnya. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor penyebab adalah Kehilangan orang tua, Anggapan klien yang keliru, Persepsi klien terhadap masalah. Muncul pemikiran Irrasional merasa kurang perhatian dan kasih sayang dari saudara-saudara, merasa minder dan malu dengan keadaanya, tidak mau berinteraksi dan cenderung tertutup yang menjadikan klien tidak termotivasi clan. tidak ada minat dalam diri klien. Dalam penelitian iniproses konseling yang terjadi menggunakan pendekatan teori Rational Emotive Behavior Therapy, yang mana peneliti menggunakan 4 teknik yakni teknik pengajaran, teknik persuasif, teknik konfrontasi dan teknik pemberian tugas. Kesemila teknik tersebut dilaksakan secara berurutan 3-7 kali pertemuan dalam prosesnya. Hasil akhir dari proses konseling terhadap klien dalam penelitian ini cukup berhasil dengan prosentase 70% yang mana hasil tersebut dapat dilihat dari adanya perubahan pada sikap atau perilaku klien yang mulai terbuka, mulai dapat berinteraksi dengan masyarakat serta mau melakukan aktifitas yang berkaitan dengan pekerjaan yang ringan salah satunya yaitu dengan mengajar les privat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masfufah, Rif’atul--UNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Tenaga Kerja
Uncontrolled Keywords: Rational emotive behavior therapy; minat kerja
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 17 Jul 2017 07:06
Last Modified: 08 Dec 2017 14:45
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/17564

Actions (login required)

View Item View Item