Budaya kerja masyarakat nelayan di Desa Pangkaliwetan Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masúdah, Heni (2012) Budaya kerja masyarakat nelayan di Desa Pangkaliwetan Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (62kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (84kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (279kB)
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (180kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (173kB)

Abstract

Kebudayaan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Setiap manusia hidup dengan budayanya masing-masing. Sehingga salah satu manusia bisa di lihat dari budayanya, dan segala sesuatu yang dilakukan manusia tidak bisa lepas dari budaya. Adapun dua rumusan masalah yang hendak dikaji dalam skripsi ini, yaitu: (1) Bagaimana Budaya kerja masyarakat nelayan di desa Pangkahwetan Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik? (2) Bagaimana cara nelayan dalam mengelolah hasil kerjanya untuk memenuhi kebutuhan hidup Keluarga? Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti ingin menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode ini dipilih agar diperoleh data penelitian yang bersifat mendalam dan menyeluruh mengenai Budaya kerja kaum nelayan di desa pangkahwetan. Teknik pengumpilan data yang dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh disajikan secara deskri ftif dan dianalisis dengan teoriTindakan Max Weber. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa ( 1) Budaya kerja yang terjadi pada masyarakat nelayan di desa Pangkahwetan adalah etos kerjanya yang tinggi. (2) Selain bekerja sebagai nelayan pada musim paceklik para nelayan melakukan pekerjaan lain diantaranya yaitu: menjadi tukang pijit, menjual air, jadi kuli bangunan , memakai uang simpanan, meminjam uang pada juragan,dan terkadang juga menggadaikan perabotan rumah tangga, ada juga yang istri dari para nelayan ikut serta bekerja karena dirasa hasil dari yang diperoleh oleh suaminya itu kurang untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masúdah, HeniUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Etos Kerja
Masyarakat
Budaya
Keywords: budaya kerja; masyarakat nelayan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Sosiologi
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Jul 2017 08:09
Last Modified: 11 Jul 2017 08:09
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/17497

Actions (login required)

View Item View Item