Komunikasi trasendental jama 'ah thoriqoh: studi fenomenologi tentang pengalaman komunikasi transendental jama'ah thoriqoh Qodiriyah wa Naqsabandiyah di Surabaya

An Nahdliyah, Imaroh (2012) Komunikasi trasendental jama 'ah thoriqoh: studi fenomenologi tentang pengalaman komunikasi transendental jama'ah thoriqoh Qodiriyah wa Naqsabandiyah di Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (155kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (186kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (156kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (176kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (202kB)

Abstract

Ada tiga persoa1an yang hendak di kaji peneliti dalam skripsi ini, yaitu (l) pengalaman komunikasi transendental jama'ah thoriqoh ketika shalat, (2) pengalaman komunikasi transendental jama'ah thoriqoh ketika dzikir , (3) pengalaman komunikasi transendental jama'ah thoriqoh ketika tafakkur. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan guna mendalam, dalam penelitian ini digunakan metode kualitatif yang berguna untuk memberikan fakta dan data mengenai pengalaman komunikasi transendental jama'ah thoriqoh, kemudian data tersebut di analisis dengan menggunakan teori fenomenologi, sehingga diperoleh temuan yang valid tentang pengalaman komunikasi transendental tersebut. Dari hasil pendman ini ditemukan bahwa pengalaman komunikasi transendental melalui shalat adalah ketika shalat terkadang muncul masalah­masalah duniawi sehingga menghilangkan komunikasi batin dengan Allah, dan ketika shalat masing-masing anggota tubuh dapat ikut membaca bacaan shalat, sehingga yang terasa adalah seperti shalat dengan orang banyak, dan pengalaman lainnya adalah mengantuk. Pengalaman komunikasi transendental melalui dzikir adalah saat membaca dzikir, dzikir tersebut seakan-akan membaca sendiri, dan pengalaman lainnya adalah terserang nikmat kantuk. Pengalaman komunikasi transendental melalui tafakkur adalah mendapatkan makna yang orisinil, lebih terhayati dan hati merasa tercerahkan, sedangkan pengalaman lainnya adalah menangis ketika bertafakkur. Bertitik tolak dari penelitian ini, beberapa saran yang diperkirakan dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi bertambahnya khasanah keilmuan tentang komunikasi transendental ini adalah agar mahasiswa ilmu komunikasi melakukan penelitian lanjutan berkaitan dengan feed back komunikasi transendental jama’ah thoriqoh.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Nurdin, Ali
Uncontrolled Keywords: Komunikasi transendental; fenomenojogi; jamaah thoriqoh; pengalaman komunikasi
Subjects: Dakwah > Dakwah, Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Jul 2017 02:38
Last Modified: 08 Dec 2017 14:39
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/17481

Actions (login required)

View Item View Item