Komunikasi interpersonal orang tua dengan anak mengenai perilaku Islami: studi kasus pada keluarga di Desa Campurejo Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mushobahah, Nur (2012) Komunikasi interpersonal orang tua dengan anak mengenai perilaku Islami: studi kasus pada keluarga di Desa Campurejo Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (211kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (96kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (195kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (647kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (159kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (101kB)

Abstract

Dalam penelitian ini, peneliti mengangkat satu fokus penelitian dengan dua identifikasi, yaitu: (1) Bentuk komunikasi interpersonal Orang tua dengan Anak mengenai perilaku islami di Desa Campurejo Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik, (2) Komunikasi interpersonal Orang tua dengan Anak di Desa Campurejo Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik, (3) Perilaku islami Orang tua dengan Anak di Desa Campurejo Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik Untuk menjawab fokus penelitian di atas, peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang berjenis studi kasus dengan pendekatan fenomenologi. Kemudian data yang sudah diperoleh dari para infonnan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data model Miles dan Hubennan, yakni langkah pertama adalah Reduksi atau menyusun, memilih, dan memilah data yang telah diperoleh dari para infonnan, setelah itu data tersebut di bentuk menjadi data display atau membentuk data tersebut menjadi teks naratif, sehingga bisa ditarik kesimpulan atau verifikasi kesimpulan dari teks naratif tersebut. Adapun hasil penelitian dari pengumpulan data di lapangan ditemukan bahwa (I ) Bentuk komunikasi interpersonal orang tua dengan anak mengenai perilaku islarni sangat beragam dikarena pola asuh orang tua dan lingkungan tempat tinggal. (2) komunikasi interpersonal orang tua dengan anak berupa komunikasi verbal dan komnikasi nonverbal. Komunikasi verbalnya berupa marah-marah, mengajak dialog, berkata-kata yang manis. Seda_ngkan komunikasi nonverbalnya berupa menjewer, menampar, memberi imbalan, melakukan dorongan moril/moral, membelai rambut. Sedangkan komunikasi yang dilakukan anak yakni merupakan feedback adalah membantah dalam segi komunikasi verbalnya dan membanting pintu diam karena mau dan tidak mau serta meminta imbalan merupakan komunikasi nonverbalnya. (3) Perilaku islami di desa Campurejo sudah diterapkan sejak dini. Seperti j ika sudah waktunya sholat orang tua memberi tau kepada anak, mengantar anaknya pergi ke Musholla untuk belajar mengaji, dan lain sebagainya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mushobahah, Nur--UNSPECIFIED
Subjects: Komunikasi Islam
Keluarga > Keluarga - Anak
Uncontrolled Keywords: Komunikasi interpersonal; perilaku Islami; orang tua dan anak
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Jul 2017 02:09
Last Modified: 08 Dec 2017 14:38
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/17479

Actions (login required)

View Item View Item