Analisis pesan dakwah dalam lagu berjudul "Ku pinang kau dengan bismillah"

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa', Rokhmatin (2012) Analisis pesan dakwah dalam lagu berjudul "Ku pinang kau dengan bismillah". Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (758kB) | Preview
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (368kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (441kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (946kB)
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (155kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (336kB)

Abstract

Penelitan ini mengambil dua fokus masalah yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah 1. Apa makna pesan dakwah dalam lagu "Ku Pinang Kau Dengan Bismillah"? 2. Apa saja tanda yang terdapat dalam lirik lagu "Ku Pinang Kau Dengan Bismillah"jika dianalisis denga teori Charles S. Pierce. Adapun penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif: Data yang disajikan kemudian dianalisis dengan analisis semiotik model Charles S. Pierce, yang lebih sering dikenal dengan triangle meaning atau segitiga makna yaitu tanda selanjutnya mencintai dengan restu Allah, cinta akan direstui oleh Allah jika cinta berada dalam sebuah, objek dan interpretan. Tanda adalah sesuatu yang herbentuk fisik yang bisa dirasakan o1eh panca indera manusia dan merupakan sesuatu yang merepresentasikan diluar dirinya sendiri. Objek adalah konteks sosial yang menjadi refrensi dari tanda. Sedangkan interpretant adalah konsep pemikiran dari orang yang menggunakan tanda dan menurunkannya ke suatu makna tertentu. Dari penelitian ini peneliti menemukan bahwa dalam lirik lagu yang bejudul Ku Pinang Kau Dengan Bismillah banyak mengandung nilai dakwah dari tiga aspek yaitu akidah, syariah dan akhlak. Dalam setiap liriknya mengandung aspek ketiga dakwah tersebut. Adapun pesan dakwah yang terdapat dalam lirik lagu tersebut adalah tentang kesetiaan,cinta,dan kasih, yang termasuk kategori akhlak, yang berarti sikap kasih sayang terhadap makhluk lainnya: Kemudian cinta adalah anugerah dari Allah; yang berarti keyakinan terhadap Allah yang maha pengasih dan penyayang yang termasuk kategori akidah, dan ikatan yang halal yakni sebuah pernikahan. Dan pernikahan termasuk dalam kategori Syariah. .

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa', RokhmatinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Keywords: Pesan dakwah; Lirik lagu; Analisis
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Jul 2017 06:45
Last Modified: 10 Jul 2017 06:45
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/17468

Actions (login required)

View Item View Item