Eksistensi komunitas vespa “Sider” di Desa Wunut Kecamatan Porong Kabupaten Sidoarjo di era modern

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Febriansyah, Mochammad Mauludin (2012) Eksistensi komunitas vespa “Sider” di Desa Wunut Kecamatan Porong Kabupaten Sidoarjo di era modern. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (675kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (398kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (721kB)
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (12MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (920kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (459kB)

Abstract

Ada dua rumusan masalah yang hendak dikaji dalam skripsi ini, yaitu: (1) Seperti apa bentuk dan perilaku anggota dalam membangun eksistensi komunitas vespa "SIDER" di desa Wunut Kecamatan Porong Kabupaten Sidoarjo? (2) Apa latar belakang terbentuknya komunitas vespa "SIDER" di desa Wunut Kecamatan Porong Kabupaten Sidoarjo? Untuk menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode ini dipilih agar diperoleh data penelitian yang bersifat mendalam dan menyeluruh mengenai eksistensi komunitas vespa "SIDER" di desa Wunut Kecamatan Porong Kabupaten Sidoarjo. Data yang diperoleh kemudian disajikan secara deskriptif dan dianalisis dengan teori Struktural Fungsionalisme mili k TaJlcot Parson. Setelah penelitian ini dilakukan akhirnya dapat ditemukan jawaban dari rumusan masalah yang diangkat, bahwa (I) Dalam membangun eksistensi komunitas vespa "SIDER" berbentuk independent namun tidak terstruktur secara rapi (bebas). Dan perilaku yang ditunjukkan oleh anggota mereka terdapat dua perilaku, yaitu perilaku positif dan negatif yang dipengaruhi sistem independent. Perilaku positif yang ditunjukkan anggota mereka ialah ikatan solidaritas yang kuat dan adanya peraturan yang tidak terikat sehingga membuat komunitas mereka tetap eksis di era modern. Sedangkan perilaku yang negatif hanya berupa mabuk-mabukan. (2) hal yang melatarbelakangi terbentuknya komunitas vespa "SIDER" di desa Wunut Kecamatan Porong Kabupaten Sidoarjo diantaranya untuk melestarikan sepeda motor jenis skuter atau vespa melalui gerakan pemuda khususnya wilayah Sidoarjo, Pasuruan, dan Surabaya. Mengajak para kalangan pemuda baik di Sidoarjo maupun di Indonesia untuk lebih menghargai bangsa ini dengan melihat perjuangan para pejuang Negara indonesia dalam memperoleh pengakuan sebagai Negara yang berdaulat, ·: dengan adanya wadah ini diharapkan bisa mewujudkannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Febriansyah, Mochammad MauludinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Komunikasi Islam > Komunikasi
Sosiologi
Keywords: eksistensi komunitas; Vespa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Sosiologi
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Jul 2017 03:19
Last Modified: 10 Jul 2017 03:32
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/17449

Actions (login required)

View Item View Item