Makna simbol komunikasi budaya dalam tradisi mudun lemah: studi pada masyarakat Dusun Tawangsari Desa Simoketawang Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo

Wasimah, Faridatul (2012) Makna simbol komunikasi budaya dalam tradisi mudun lemah: studi pada masyarakat Dusun Tawangsari Desa Simoketawang Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (526kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (106kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (192kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (448kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (630kB) | Preview
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (317kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (130kB)

Abstract

Ada dua persoalan yang hendak dikaji dalam skripsi ini, yaitu (1) Bagaimana bentuk simbol komunikasi budaya yang digunakan masyarakat dalam tradisi mudun lemah di Dusun Tawangsari Desa Simoketawang Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo, (2) Bagaimana makna simbol komunikasi budaya yang digunakan masyarakat dalam tradisi mudun lemah. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang berguna untuk menghimpun data-data dari observasi terlibat dan terstruktur serta dapat bertujuan untuk memberikan gambaran secara mendalam yang terkait dengan tradisi mudun lemah di Dusun Tawangsari Desa Simoketawang Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo dengan berdasarkan data-data yang diperoleh dari wawancara mendalam dengan informan penelitian. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa ( I ) bentuk simbol yang digunakan dalam tradisi mudun lemah merupakan simbol komunikasi verbal dan nonverbal. Simbol komunikasi verbal tersebut berupa bahasa yaitu sambutan dan do'a. Sedangkan yang termasuk komunikasi nonverbal berupa perlengkapan (benda-benda) dan hidangan yang digunakan dalam tradisi mudun lemah. (2) makna dari benda-benda yang disimbolkan pada perlengkapan upacara tradisi mudun lemah yang terdapat pada masyarakat Dusun Tawangsari Desa Simoketawang Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo adalah bahwa ritual­ ritual tersebut merupakan simbol dari suatu pengharapan dan do'a yang dilakukan oleh orang tua yang melaksanakan tradisi mudun lemah untuk anaknya dengan maksud, bahwa simbol-simbol komunikasi verbal dan nonverbal tersebut diarahkan dan ditujukan hanya kepada Tuhan semesta.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Aswadi, Aswadi
Uncontrolled Keywords: Makna Simbol; Komunikasi Budaya; Tradisi Mudun Lemah
Subjects: Ilmu Komunikasi
Adat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 06 Jul 2017 03:16
Last Modified: 10 Jul 2017 03:53
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/17434

Actions (login required)

View Item View Item