Pengembangan media CAI (Computer Assisted Instruction) pada mata pelajaran Akidah Akhlak untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas VII di MTs. Nurul Amanah Basanah Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nur Hannah, Hanna (2016) Pengembangan media CAI (Computer Assisted Instruction) pada mata pelajaran Akidah Akhlak untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas VII di MTs. Nurul Amanah Basanah Bangkalan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (828kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (592kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (239kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran Akidah Akhlak kelas VII di MTs. Nurul Amanah sebelum memanfaatkan media CAI yang dikembangkan oleh peneliti dalam bentuk CD berisikan materi al-Asma>' al-Husna> dan mengetahui hasil prestasi belajar setelah diterapkannya media tersebut. Penelitian ini dilaksanakan melalui tahap pengembangan dan tahap pemanfaatan media CAI. Pada tahap pengembangan, tingkat keberhasilan produk diukur dengan metode angket yang diberikan pada ahli media dan ahli materi. Kemudian diujicobakan pada perorangan (3 peserta didik) dan kelompok kecil (9 peserta didik). Pada tahap pemanfaatan, tingkat keberhasilan produk dalam meningkatkan prestasi belajar diukur dengan metode tes randomized control-group pretest-posttest design yang diberikan pada kelas kontrol dan kelas eksperimen, masing-masing 32 peserta didik. Hasil analisa data menunjukkan bahwa hasil validasi media CAI dari ahli media dan ahli materi terdapat beberapa bagian yang perlu direvisi. Setelah revisi dilakukan, diadakan ujicoba terbatas yang diperoleh rata-rata tingkat pencapaian 92%. Tahap validasi dilanjutkan dengan uji coba kelompok kecil dengan rata-rata tingkat pencapaian 86%. Keduanya menunjukkan kualifikasi “tinggi” sehingga tidak perlu direvisi. Setelah tahap pengembangan selesai, dilanjutkan tahap pemanfaatan produk CAI pada kegiatan pembelajaran sebenarnya. Pada kegiatan pemanfaatan media, terdapat satu kelas kontrol dan satu kelas eksperimen. Berdasarkan studi statistik, nilai rata-rata (mean) antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen pada pre-test tidak diperoleh rata-rata yang berbeda secara signifikan. Artiya, kemampuan awal kedua kelas tersebut sama. Setelah pembelajaran dilaksanakan, hasil post-test menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar pada kedua kelas. Tetapi, peningkatan prestasi belajar kelas eksperimen memiliki nilai lebih tinggi. Berdasarkan data tersebut disimpulkan bahwa telah dihasilkan media CAI yang dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik MTs. kelas VII pada pokok bahasan al-Asma>' al-Husna> mata pelajaran Akidah Akhlak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nur Hannah, Hannahannajz@ymail.comUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Anak
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hannah Nur
Date Deposited: 20 Jun 2017 07:45
Last Modified: 20 Jun 2017 07:45
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/17372

Actions (login required)

View Item View Item