PENGARUH PERSAINGAN USAHA DAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP PERILAKU PENGUSAHA MUSLIM DI DESA KUREKSARI WARU SIDOARJO

Rosyidah, Emi (2014) PENGARUH PERSAINGAN USAHA DAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP PERILAKU PENGUSAHA MUSLIM DI DESA KUREKSARI WARU SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (112kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul ‚Pengaruh Persaingan Usaha dan Etika Bisnis Islam terhadap Perilaku Pengusaha Muslim di Desa Kureksari Waru Sidoarjo‛ ini merupakan hasil penelitian lapangan untuk menjawab pertanyaan apakah persaingan usaha dan etika bisnis Islam berpengaruh secara parsial, simultan/ bersama-sama, dan pengaruh yang lebih dominan terhadap perilaku pengusaha muslim di Desa Kureksari Waru Sidoarjo.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang mana terdapat dua variabel yaitu persaingan usaha dan etika bisnis Islam sebagai variabel bebas (independent) dan perilaku pengusaha muslim sebagai variabel terikat (dependent). Dan populasi dalam penelitian ini 118 pengusaha muslim dengan berbagai jenis usaha, kemudian peneliti mengambil sampel 54 pengusaha yang menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 10%. Tenik pengumpulan datanya dengan menyebar kuesioner, dokumentasi, dan observasi. Sedangkan untuk menguji keabsahan data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Selanjutnya metode untuk menganalisis data menggunakan metode analisis regresi berganda dengan uji hipotesis berupa uji t, uji F, dan uji Koefisien Beta.
Adapun dari hasil penelitian menyimpulkan bahwa, ada pengaruh secara signifikan persaingan usaha (X1) terhadap perilaku pengusaha muslim (Y) di Desa Kureksari Waru Sudoarjo dengan nilai thitung ≥ ttabel (3,401 ≥ 2,006) dan nilai signifikansi sebesar 0,001 lebih kecil dari 0,05. Variabel etika bisnis Islam (X2) juga ada pengaruh secara signifikan terhadap perilaku pengusaha muslim (Y) di Desa Kureksari Waru Sidoarjo dengan nilai thitung ≥ ttabel (2,412 ≥ 2,006) dan nilai signifikansi 0,020 lebih kecil dari 0,05. Selanjutnya ada pengaruh secara bersama-sama persaingan usaha (X1) dan etika bisnis Islam (X2) terhadap perilaku pengusaha muslim (Y) di Desa Kuresari Waru Sidoarjo dengan nilai Fhitung ≥ Ftabel sebesar (23,013 ≥ 3,183) dan nilai signifkansi 0,000 lebih kecil dari 0,05. Dan dari hasil pengujian pengaruh varibel bebas yang lebih dominan (uji Koefisien Beta) bahwa variabel persaingan usaha (X1) lebih dominan pengaruhnya terhadap perilaku pengusaha muslim (Y) di Desa Kureksari Waru Sidoarjo, dengan nilai koefisien beta 0,445 lebih besar dari nilai koefisien beta etika bisnis Islam (X2) 0,315 dan nilai signifikansinya 0,001 lebih kecil dari 0,020.
Saran, dalam kegiatan bisnis yang kerap kali terjadi persaingan usaha, maka diharapkan perilaku pengusaha muslim tetap konsisten dengan bersaing secara sehat dan tidak mengkesampingkan ajaran agama, serta tidak lupa juga menerapkan pemahaman mereka akan etika bisnis Islam dalam praktek bisnisnya

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Lilik Rahmawati
Uncontrolled Keywords: Bisnis Islam; Pengusaha
Subjects: Ekonomi Islam
Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syariah
Depositing User: Users 18 not found.
Date Deposited: 13 Apr 2015 05:52
Last Modified: 13 Apr 2015 05:52
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/1734

Actions (login required)

View Item View Item