Analisis hukum Islam terhadap syarat jatuhnya talak menurut Syiah Imamiyyah perspektif para ustaz at Tathir Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Effendi, Ach. Machfudz (2012) Analisis hukum Islam terhadap syarat jatuhnya talak menurut Syiah Imamiyyah perspektif para ustaz at Tathir Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (888kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (194kB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/17225

Abstract

Skripsi ini mengandung dua rumusan masalah, pertama bagaimana pandangan dan istinbat hukum para ustad At-Tathir Surabaya tentang syarat jatuhnya talak dalam Syi'ah Imamiyyah. Sedangkan rumusan masalah yang kedua adalah bagaimana analisis hukum Islam terhadap pandangan dan istinbat hukum para ustad At-Tathir mengenai syarat jatuhnya talak dalam Syi'ah Imamiyyah. Adapun yang dimaksudkan dengan "Syarat Jatuhnya Talak" di sini adalah terbatas pada niat dan saksi sebagai syarat sahnya talak dalam mazhab Syai'ah Imamiyyah perspektif para ustad At-Tathir Surabaya. Data penelitian yang digunakan, dihimpun melalui wawancara langsung kepada objek penelitian, yaitu para ustaz yayasan At-Tathir Surabaya yang beralamatkan di jalan Merutukalianyar gang 3 nomor 11. Data selain itu yang juga diperlukan guna kepentingan penelitian juga dihimpun melalui kegiatan kepustakaan, untuk selanjutnya dianalisis secara kualitatif deskriptif analitis dengan pola pikir deduktif. Dari penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa para ustaz At-Tathir berpendapat bahwa syarat jatuhnya talak ada 13 (tiga belas) buah yang mana harus terpenuhi semua. Di antara tiga belas syarat sah talak itu adalah niat dan saksi. Dengan adanya syarat niat, maka talak yang dilakukan dengan bercanda menurut mereka tidaklah sah. Hal ini bertentangan dengan hadis Nabi yang menjelaskan bahwa talak dapat jatuh meskipun dilakukan dengan bercanda. Mereka mendasarkan pendapatnya ini pada hadis imam Ja'far yang menyatakan bahwa talak yang sah adalah yang dijatuhkan oleh orang yang benar-benar hendak mentalak. Sedangkan saksi dalam talak menurut mereka berdasarkan pada surat At-Talaq ayat 2. Mereka juga mengatakan bahwa disyaratkannya saksi dalam talak ini bertujuan untuk menghindari datangnya mudarat di kemudian hari, selain itu talak ini adalah membatalkan akad suci pernikahan, oleh karenanya tidak dapat dilakukan sembarangan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Effendi, Ach. Machfudz--UNSPECIFIED
Subjects: Talak
Keywords: Syarat jatuhnya talak; Syiah Imamiyyah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Jun 2017 07:24
Last Modified: 08 Dec 2017 11:17
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/17225

Actions (login required)

View Item View Item