Hadis-hadis perlindungan hak-hak perempuan: telaah kebijakan Nabi SAW atas fenomena kekerasan terhadap perempuan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nahdiyah, Nahdiyah (2017) Hadis-hadis perlindungan hak-hak perempuan: telaah kebijakan Nabi SAW atas fenomena kekerasan terhadap perempuan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (835kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (522kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (579kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (338kB) | Preview

Abstract

Pada Abad ke 21 ini kedudukan laki-laki dan perempuan sudah tidak jauh berbeda, jika seorang laki-laki bisa menjadi pemimpin maka seorang perempuanpun juga bisa, akan tetapi tidak semua kedudukan bisa di ambil alih kaum perempuan, misalnya: ketika mengimami sholat. Perempuan sudah mulai memiliki ruang gerak yang lebih, serta mendapatkan kembali hak-hak yang sebelumnya dirampas secara terang-terangan, karena sebelum itu perempuan hanyalah makhluk lemah dan juga tidak memiliki pengetahuan yang luas mengenai jati dirinya. Tidak ada kesempatan untuk mengenyam pendidikan bahkan hanya berjalan di sekitar rumah, kaum perempuan haruslah menunggu izin dari ayah atau suaminya. Dalam hadispun dijelaskan tentang kewajiban melindungi perempuan dari kekerasan, akan tetapi bagi seseorang yang masih awam akan sulit untuk menemukan dan memahaminya. Oleh karenannya dalam hal ini akan dijelaskan secara menyeluruh mengenai tema ini, maka dibutuhkan metode yang tepat untuk memahaminya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tematik. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1. Bagaimanakah hadis-hadis yang membahas perlindungan terhadap perempuan ? 2. Bagaimana kebijakan Nabi terhadap kejadian kekerasan terhadap perempuan? 3. apakah implikasi dari hadis tersebut? Tujuannya adalah menjelaskan seperti apakah hadis perlindungan terhadap perempuan. Serta Mengetahui kebijakan Nabi ketika berhadapan dengan pelecehan dan kekerasan terhadap perempuan. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan dan menggunakan metode penelitian tematik. Hasil penelitian ini adalah: 1. metodologi yang digunakan dengan beberapa langkah yaitu pengenalan teks terhadap dunianya, analisis kritis terhadap teks, pembahasan teks danpemahaman terhadap konteks saat ini; 2.Beberapa hadis yang menjelaskan eksistensi dan hak dari kaum perempuan yang sudah di teliti kesahihan matan hadisnya. 3. Sikap dan kebijakan Rasulullah Ketika berhadapan dengan perempuan ialah selalu berlaku lemah lembut, ketika kaum perempuan sedang dalam keadaan marah atau tidak, bahkan dalam riwayat Aisyah ra, dikatakan ”seumur hidupnya, Rasulullah tidak pernah memukul perempuan”.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nahdiyah, Nahdiyahputritunggalnadia@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kekerasan
Wanita
Hak Asasi Manusia
Uncontrolled Keywords: Hak; kekerasan; perlindungan; metode tematik
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: NAHDIYAH NAHDIYAH
Date Deposited: 12 Jun 2017 06:53
Last Modified: 12 Jun 2017 06:53
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/17211

Actions (login required)

View Item View Item