A STUDY OF CODE MIXING AND CODE SWITCHING USED IN NOVEL LOVE MAKE YOU STUPID

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sugianto, Muhammad Edi (2014) A STUDY OF CODE MIXING AND CODE SWITCHING USED IN NOVEL LOVE MAKE YOU STUPID. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Campur kode adalah menggunakan dua atau lebih dengan memasukkan unsur-unsur linguistik dalam satu bahasa ke dalam bahasa yang lain. Sedangkan alih kode merupakan suatu perubahan kejadian dari satu bahasa ke bahasa lain. Seseorang yang hidup dalam masyakat yang tedapat beberapa kelompok etnik maka mereka akan cendrung untuk menggunakan dua macam bahasa atau lebih ketika mereka berkomunikasi dengan yang lainnya. Seperti campur kode dan alih kode yang digunakan dalam novel love make you stupid.
Tujuan dari penelitian ini untuk mendiskripsikan bentuk campur kode dan alih kode yang digunakan dalam novel love make you stupd serta mendiskripsikan factor-faktor yang mempengaruhi penggunaan campur kode dan alih kode dalam novel love make you stupid.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian qualitative yang digunakan untuk menggambarkan secara jelas tentang fakta campur kode dan alih kode baik bentuk dan faktor-faktornya berdasarkan data yang didapatkan melalui cara membaca keseluruhan isi novel yang menjadi objek penelitian ini.
Semua data yang terdapat di dalam novel menunjukkan bahwa campur kode dan alih kode berdasarkan bentuknya karena keduanya mempunyai strutur grammar sendiri-sendiri yaitu campur kode dalam bentuk word dan phrase sedangkan alih kode dalam bentuk sentence dan tag sedangkan factor yang mempengaruhi penggunaan campur kode dan alih kode adalah factor sosial, factor budaya dan factor individu.
Berdasarkan gambaran di atas, penggunaan campur kode dan alih kode di dalam komunikasi tidaklah dilarang, rata-rata orang menggunakannya karena dipengaruhi oleh penguasaan seseorang terhadap bahasa yang lebih dari dua dan fakor-faktor yang lain. hal yang seperti ini disebut bilingual dimana seseornag mempunyai kecendrungan untuk menggunakan dua bahasa dlam satu kesempatan komunikasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Muhammad Kurjum
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sugianto, Muhammad EdiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan > Kesusastraan Inggris
Keywords: Bilingualism; Code Mixing; Code Switching; Love Make You Stupid
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Inggris
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 04 Feb 2015 03:24
Last Modified: 04 Feb 2015 03:24
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/172

Actions (login required)

View Item View Item