Pemikiran Muhammad Abduh dan pengaruhnya terhadap organisasi Muhammadiyah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khusaini, Khusaini (1995) Pemikiran Muhammad Abduh dan pengaruhnya terhadap organisasi Muhammadiyah. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (893kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (762kB) | Preview

Abstract

Salah satu diantara tokoh pembaharu yang muncul di Mesir adalah syeikh Muhammad Abduh yang membawa pemikiran di berbagai bidang agama, sosial, pendidikan dan politik. Sedangkan di Indonesia muncul tokoh pembaharu yaitu KH. Ahmad Dahlan dengan organisasi Muhammadiyah yang didirikannya pada tahun 1912 M. Melihat dari pemunculan tokoh dan organisasi tersbut diantara penulis ada yang berpendapat bahwa pemikiran KH. Ahmad Dahlan banyak berasal dari pemikiran Muhammad Abduh. Rumusan masalah penelitian ini adalah; 1. Bagaimana pemikiran Muhammad Abduh dalam bidang keagamaan, pendidikan dan sosial kemasyarakatan. 2. Bagaimana pemikiran Muhammadiyah dalam bidang keagamaan pendidikan dan sosial kemasyarakatan. 3. Faktor-faktor yang melatar belakangitimbulnya pembaharuan Islam di Mesir dan di Indonesia. 4. Bagaimana pengaruh pemikiran Muhammad Abduh terhadap organisasi Muhammadiyah sebagai organisasi pembaharuan Islam di Indonesia. Metode pembahasannya menggunakan metode comparative, metode historis dan metode studi kasus. Kesimpulan dari penelitian ini adalah; 1. Pembaharuan yang dilakukan oleh Muhammad Abduh menitik beratkan pada bidang; a.keagamaan, yaitu memurnikan aqidah dengan memberantas taqlid, kufarat dan segala bid’ah, b.pendidikan, beliau mengadakan pembaharuan terhadap kurikulum yaitu dengan memasukkan mata pelajaran umum dan juga sistem dan metode pelajaran umum serta metode belajar mengajar, c.sosial kemasyarakatan, menekankan solidaritas sosial dengan memupuk jiwa kebersamaan dan juga memberantas kepincangan sosial. 2. Pemberantasan yang dilakukan Muhammadiyah menitik beratkan pada tiga bidang yakni bidang keagamaan, bidang pendidikan dan bidang sosial. 3. Kondisi umat Islam di mEsir maupun Indonesia sangatlah memprihatinkan di waktu itu, yaitu banyaknya pengalaman keagamaan yang tercampur dari tradisi setempat dan taklit yang membabi buta. 4. Pengaruh pemikiran Muhammad Abduh terhadap organisasi Muhammadiyah yang disebarkan lewat majalah al manar dan disusul karangan lainnya

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khusaini, KhusainiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Biografi > Biografi Islam
Keywords: pemikiran Muhammad Abduh; organisasi Muhammadiyah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Perbandingan Agama
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Jun 2017 03:55
Last Modified: 09 Jun 2017 03:55
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/17194

Actions (login required)

View Item View Item