Sejarah perkembangan kewirausahaan di Pondok Pesantren Putra Miftahul Mubtadiin Krempyang Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk tahun 2005-2016

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Novitasari, Yusufin Rini (2017) Sejarah perkembangan kewirausahaan di Pondok Pesantren Putra Miftahul Mubtadiin Krempyang Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk tahun 2005-2016. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (493kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (694kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana Profil Pondok Pesantren Miftahul Mubtadiin Krempyang kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk ? (2) Bagaimana Progam Kewirasahaan yang dimiliki oleh Pondok Pesantren Putra Miftahul Mubtadiin Krempyang Kecamatan Kabupaten Tanjunganom Nganjuk ? (3) Bagaimana Sejarah dan Perkembangan Kewirausahaan di Pondok Pesantren Putra Miftahul Mubtadiin Krempyang Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk tahun 2005-2016? Untuk menjawab permasalahan tersebut, penulis menggunakan metode penelitian sejarah, yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu (1) Heuristik adalah pengumpulan data yang terdiri dari sumber benda maupun lisan serta sumber buku-buku yang berkaitan dengan penelitian ini. (2) Kritik. (3) Intrepretasi. (4) Historiografi. Adapun pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan historis dan ekonomi. Dalam hal ini penulis menggunakan teori continuity and change dan teori pertumbuhan ekonomi dari Walt Whiteman Rostow. Teori ini digunakan untuk melihat keberlanjutan dan tumbuh kembangnya perekonomian di pondok pesantren putra Miftahul Mubtadiin. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Pondok pesantren Miftahul Mubtadiin didirikan tahun 1940 di lingkungan Krempyang Tanjunganom Nganjuk oleh KH. Moh. Ghozali Manan. (2) Progam kewirausahaan yang ada di pondok pesantren putra Miftahul Mubtadiin diantaranya adalah usaha pertanian, peternakan sapi, produksi tahu dan tempe serta mebel. (3) Munculnya kewirausahaan di Pondok Pesantren Miftahul Mubtadiin sudah ada ketika zamannya pendiri pondok, yaitu dengan dibukanya usaha pertanian dan peternakan. Perkembangan kewirausahaan di Pondok Pesantren Putra Miftahul Mubtadiin, penulis memfokuskan perkembangan yang terjadi mulai tahun 2005 sampai tahun 2016. Lebih tepatnya pada kepemimpinan KH. Moh. Ridlwan Syaibani. Pada periode kepemimpinan kedua inilah kewirausahaan di Pondok Pesantren Putra mengalami perkembangan dalam bidang ekonomi. Pada tahun 2005 berdiri pabrik tahu. Kemudian di tahun 2010 juga membuka usaha pabrik tempe serta tidak lama lagi di tahun 2014 berdiri usaha mebel. Dari bertambahnya progam usaha tersebut, perekonomian di Pondok Pesantren Putra semakin maju.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Novitasari, Yusufin RiniYusufinrini@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Wirausaha
Keywords: Sejarah perkembangan kewirausahaan
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Novitasari Yusufin Rini
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:38
Last Modified: 08 Sep 2017 06:37
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/17138

Actions (login required)

View Item View Item