Sejarah pemikiran Haji Agus Salim tentang tauhid, takdir dan tawakal

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurjannah, Rotul (2017) Sejarah pemikiran Haji Agus Salim tentang tauhid, takdir dan tawakal. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (610kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (563kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (247kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang “Sejarah Pemikiran Haji Agus Salim tentang Tauhid, Takdir dan Tawakal”. Untuk mengetahui beberapa permasalahan yang terdapat dalam penelitian tersebut maka dirumuskan beberapa rumusan masalah sebagai berikut : 1) Bagaimana latar belakang pemikiran Haji Agus Salim. 2) Bagaimana pemikiran Haji Agus Salim tentang Tauhid, Takdir dan Tawakal.3) Bagaimana komentar cendekiawan, ulama dan tokoh nasional mengenai Haji Agus Salim. Judul tersebut diangkat karena, pemikiran Haji Agus Salim sangat berpengaruh dalam perkembangan Islam pada zaman kolonial hingga kemerdekaan. Sehingga sangat menarik untuk menjadi pembahasan. Skripsi ini menggunakan metode penelitian sejarah yang terdiri dari empat tahap yaitu heuristik, kritik sumber, interpretasi, dan historiografi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara studi kepustakaan, studi lapangan dan studi kearsipan. Skripsi ini menggunakan pendekatan sejarah atau histories. Dengan menggunakan pendekatan ini diharapkan mampu mengungkapkan sejarah pemikiran Haji Agus Salim dan yang mempengaruhi pemikiran Haji Agus Salim. Untuk menganalisis fakta-fakta yang berkaitan dengan masalah penelitian, skripsi ini menggunakan teori sosiologi agama Wertheim. Dari hasil penelitian skripsi ini adalah : 1) pemikiran Haji Agus banyak dilatarbelakangi oleh latar belakang sosial, kebudayaan, pendidikan dan ke agama. 2) pemikiran Haji Agus Salim tentang tauhid yaitu membahas tentang ke Esaan Tuhan, pemikiran Haji Agus Salim tentang takdir yaitu membahas takdir manusia, pemikiran Haji Agus Salim tentang tawakal yaitu membahas tentang berserah diri kepada Allah. 3) menurut para tokoh cendekiawan, ulama dan tokoh nasionalis Haji Agus Salim merupakan intelektual yang cerdas dan jenaka serta memiliki pendirian yang kuat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurjannah, RotulRotulnurjannah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Sejarah > Sejarah Indonesia
Sejarah
Keywords: Haji Agus Salim; tauhid; takdir; tawakal
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: NURJANNAH ROTUL
Date Deposited: 05 Jun 2017 07:53
Last Modified: 08 Sep 2017 06:43
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/17133

Actions (login required)

View Item View Item