Pencatatan perkawinan beda agama: studi komparatif antara pandangan hakim PA Sidoarjo dan hakim PN Sidoarjo terhadap pasal 35 huruf (a) Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriani, Arini Alfi (2012) Pencatatan perkawinan beda agama: studi komparatif antara pandangan hakim PA Sidoarjo dan hakim PN Sidoarjo terhadap pasal 35 huruf (a) Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (729kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (418kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana pencatatan perkawinan beda agama menurut pandangan hakim PA Sidoarjo dan hakim PN Sidoarjo dalam pasal 35 huruf (a) UU No. 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan, serta persamaan dan perbedaan pandangan keduanya. Data penelitian dihimpun dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan komparatif yang artinya memaparkan pandangan para hakim PA dan PN Sidoarjo, kemudian dilakukan komparasi terhadap keduanya untuk mencari persamaan dan perbedaan dari pandangan mereka, melalui teknik dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa UU No. 1 Tahun 1974 tidak mengatur perkawinan beda agama dan berimbas pada proses pencatatannya yang mengalami hambatan. Saat ini muncul UU No. 23 Tahun 2006 tentang Adminduk yang mana dalam pasal 35 huruf (a) memungkinkan bagi pasangan yang berbeda agama untuk bisa dicatatkan perkawinannya, yaitu: "Pencatatan perkawinan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 34 berlaku pula bagi: a. perkawinan yang ditetapkan oleh Pengadilan; "Dalam penjelasan undang-undangnya, pasal di atas disebutkan bahwa: Yang dimaksud dengan ''Pcrkawinan yang ditetapkan oleh Pengadilan" adalah perkawinan yang dilakukan antar-umat yang berbeda agama. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pencatatan perkawinan beda agama menurut pandangan hakim PA dan hakim PN Sidoarjo dalam pasal 35 huruf (a) UU No. 23 Tahun 2006 adalah pencatatan perkawinan bagi mereka pasangan beda agama dengan menyertakan penetapan pengadilan, dikarenakan pegawai pencatat perkawinan menolak melangsungkan perkawinan keduanya. Persamaan antara pandangan keduanya adalah: Pengakuan terhadap UU No. 23 Tahun 2006 tentang Adminduk bahwa UU tersebut tidak bertentangan dengan UU No. 1 Tahun 1974, pasal 35 huruf (a) UU No. 23 tahun 2006 adalah sebagai solusi bagi mereka yang tidak terakomodir dalam UU Perkawinan karena selama ini perkawinan beda agama mengalami kekosongan hukum dan proses pencatatannya adalah sama seperti pencatatan perkawinan pada umumnya bedanya pasangan yang melangsungkan perkawinan beda agama diwajibkan melampirkan Penetapan Pengadilan. Perbedaan antara pandangan keduanya adalah perbedaan konsep dalam memandang perkawinan beda agama yang berimbas pada praktek pelaksanaan pencatatan dalam pasal 35 huruf (a) UU No. 23 tahtm 2006, dan perbedaan pandangan tentang pihak yang berhak mencatatkan perkawinannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriani, Arini Alfi--UNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam > Perkawinan
Uncontrolled Keywords: Pencatatan perkawinan; beda agama
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 29 May 2017 07:07
Last Modified: 08 Dec 2017 10:24
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/17062

Actions (login required)

View Item View Item