FA’ALIYYAH TATHBIQ AL LUGHAH “AL HURUF MUTASALSALAH” (HEAD AND TAIL) FI TARQIYYAH MAHARAH AL KALAM LI THULAB FASHL TSAMIN- A BI MADRASAH AL NASI’IN AL MUTAWASSITHAH FI MA’HAD MAS KREMBAGAN TAMAN SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Isnainiyah, Isnainiyah (2014) FA’ALIYYAH TATHBIQ AL LUGHAH “AL HURUF MUTASALSALAH” (HEAD AND TAIL) FI TARQIYYAH MAHARAH AL KALAM LI THULAB FASHL TSAMIN- A BI MADRASAH AL NASI’IN AL MUTAWASSITHAH FI MA’HAD MAS KREMBAGAN TAMAN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (641kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

Dalam setiap bahasa mempunyai empat keterampilan, yaitu mendengar, berbicara, membaca dan menulis. Dalam mempelajari bahasa asing kita dituntun untuk mahir dalam setiap ketrampilan. Begitupun dalam ketrampilan berbicara.
Permainan bahasa digunakan untuk mempermudah siswa dalam memahami materi yang disampaikan serta menjadikan siswa lebih terinovasi untuk mempelajari bahasa. Salah satu permainan bahasa yang dianggap menarik dalam belajar bahasa Arab adalah Head and Tail. Permainan ini merupakan suatu cara pembelajaran yang mewajibkan siswa untuk belajar banyak bicara dan banyak kosakata. Disamping itu siswa akan lebih semangat, serta meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Pembelajaran ini mendapat sambutan baik dari siswa siswi kelas kelas VIII A. Namun disisi lain sebelum pembelajaran dimulai sebaiknya terlebih dahulu mengenalkan kosa kata yang berhubungan dengan materi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan permainan Head and Tail dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas VIII A MTs An Nasyiin PP. Mas dan untuk mengetahui efektifitas penerapan permainan Head and Tail permainan Head and Tail siswa kelas VIII A MTs An Nasyiin PP. Mas Krembangan Taman Sidoarjo dengan menggunakan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode: 1) observasi, 2) wawancara, 3) dokumentasi, dan 4) tes.
Hasil pembelajaran melatih keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas VIII A di MTs An Nasyi’in Pondok Pesantren Mas Krembangan Taman Sidoarjo dengan Head and Tail meningkat, hal ini bisa kita lihat dari nilai yang diperoleh siswa dari sebelum penerapan “penerapan permainan Head and Tail dengan nilai 67,65 dan sesudah penerapan permainan Head and Tail 83,24. Untuk itu disarankan kepada guru bahasa Arab untuk menerapkan dan mengembangkan pembelajaran menggunakan permainan Head and Tail atau media lainnya demi keberhasilan pembelajaran bahasa Arab.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Ainun Syarifah
Creators:
CreatorsEmailNIM
Isnainiyah, IsnainiyahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan
Uncontrolled Keywords: Permainan Head and Tail; Kemampuan Berbicara; Pembelajaran bahasa Arab; Metode Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Apr 2015 08:12
Last Modified: 10 Apr 2015 08:12
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/1703

Actions (login required)

View Item View Item