TA’TSIR IBTIKAR MUDARRIS AL LUGHAH AL ARABIYYAH NAHWU INJAZI TA’ALLUMIHA AL TALAMID AL MADRASAH AL TSANAWIYYAH AL ISLAMIYYAH AL KHUKUMIYYAH BUDURAN SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fahmi, Zain Hendra (2014) TA’TSIR IBTIKAR MUDARRIS AL LUGHAH AL ARABIYYAH NAHWU INJAZI TA’ALLUMIHA AL TALAMID AL MADRASAH AL TSANAWIYYAH AL ISLAMIYYAH AL KHUKUMIYYAH BUDURAN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (614kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (875kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (718kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (259kB) | Preview

Abstract

Hasil Belajar merupakan hasil dari usaha belajar yang dilaksanakan oleh
siswa. Hasil belajar sangatlah penting untuk mengetahui apakah tujuan pendidikan
sudah tercapai secara optimal. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi hasil belajar
siswa diantaranya adalah guru. Guru yang dimaksud dalam penelitian ini adalah
kreativitas guru bahasa arab dalam proses belajar mengajar (PBM). Guru merupakan
salah satu komponen pengajar dan memegang peranan penting dalam proses belajar
mengajar. Dari kenyataan tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian
tentang ”Pengaruh Kreativitas Guru Bahasa Arab Terhadap Prestasi Belajar Bahasa
Arab Siswa Kelas X di Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo”.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimanakah
kreativitas guru bahasa arab di Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo, 2) Bagaimanakah
prestasi belajar bahasa arab siswa kelas X di Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo -
Mojokerto, 3) Bagaimana pengaruh kreatifitas guru bahasa arab terhadap prestasi
belajar siswa kelas X di Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo. Penelitian ini bertujuan
untuk : 1) Mengetahui Bagaimanakah kreativitas guru bahasa arab di Madrasah
Aliyah Negeri Sidoarjo, 2) Mengetahui Bagaimanakah prestasi belajar bahasa arab
siswa kelas X di Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo, 3) Mengetahui Bagaimana
pengaruh kreatifitas guru bahasa arab terhadap prestasi belajar siswa kelas X di
Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di Madrasah
Aliyah Negeri Sidoarjo yang berjumlah 277 siswa terbagi dalam 7 kelas. Sampel
dalam penelitian ini diambil menggunakan rumus Poorposive Sampling dengan
persentase 11% sehingga diperoleh sampel sebanyak 22 responden yang berada di
kelas X. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari kreativitas guru bahasa arab dalam
proses belajar mengajar sebagai variabel bebas, dan prestasi belajar bahasa arab siswa
sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara,
observasi, dokumentasi dan angket. Analisis data dengan menggunakan analisis data
Prosentase dengan menggunakan rumus:
.
F
P = X 111 %
N
Dan untuk mengetahui pengaruh antara variabel bebas dan variabel terikat digunakan
rumus Product Moment :
   
 
2 2 x y
xy
rxy
Dari hasil analisis data menggunakan rumus tersebut di atas diketahui
bahwa variabel kreativitas guru bahasa arab termasuk dalam kategori kurang kreatif
dengan nilai prosentase sebesar 47,4 %, dan prestasi belajar bahasa arab siswa
termasuk dalam kategori lebih dari cukup dengan rata – rata nilai sebesar 7,11.
Adapun pengaruh kreativitas guru bahasa arab terhadap prestasi belajar bahasa arab
siswa adalah kuat yaitu 2,711
Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa kretivitas guru bahasa arab
pengaruhnya kuat terhadap prestasi belajar bahasa arab siswa. Oleh karena itu,
hendaknya para pengajar selalu meningkatkan kreativitasnya dalam proses pengajaran
dan tentu disertai peningkatan faktor – faktor pendukung prestasi belajar siswa
lainnya, dengan demikian diharapkan tercapainya prestasi belajar siswa yang
memuaskan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Saifulloh Azhari
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fahmi, Zain HendraUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan
Uncontrolled Keywords: Kratifitas Guru Bahasa Arab; Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Apr 2015 08:00
Last Modified: 10 Apr 2015 08:01
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/1702

Actions (login required)

View Item View Item