THE USE OF CODE SWITCHING AND CODE MIXING AS A VARIETY LANGUAGE IN POJOK KAMPUNG NEWS JAWAPOS TV

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayat, Taufiq Anwar (2014) THE USE OF CODE SWITCHING AND CODE MIXING AS A VARIETY LANGUAGE IN POJOK KAMPUNG NEWS JAWAPOS TV. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (182kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berkaitan dengan studi sosiolinguistik. Penelitian ini memfokuskan pada variasi bahasa, alih kode, campur kode. Bahasa sebagai alat komunikasi, terutama bahasa Jawa tidak hanya digunakan dalam percakapan sehari-hari, juga digunakan sebagai media komunikasi dalam acara televisi seperti program berita. Berita "Pojok Kampung" adalah beberapa program televisi yang cukup menerapkan variasi bahasa Jawa dari tingkat terendah, "Ngoko". "Pojok Kampung" program berita ditargetkan terhadap orang Surabaya yang sering menggunakan "Ngoko" sebagai bahasa sehari-hari mereka. Program yang menarik untuk dianalisis untuk mengetahui "Ngoko" tingkat tutur.
Dalam penelitian ini, penulis ingin mengetahui tentang variasi bahasa yang digunakan dalam "Pojok Kampung". Mereka adalah: apa jenis variasi bahasa yang digunakan dalam "Pojok Kampung", apa jenis alih kode dan kode pencampuran digunakan dalam berita "Pojok Kampung", dan apa alas an-alasan penggunaan alih kode dank ode campur dalam berita “Pojok Kampung”.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk menganalisis data. Ucapan dari program ini ditranskripsi menjadi teks. Dalam pengumpulan data, pencatatan penulis data dilakukan untuk beberapa episode dan kemudian penulis ditranskripsi dan menganalisis data.
Dengan melakukan penelitian, penulis telah menemukan variasi bahasa yang digunakan dalam "Pojok Kampung" berita, alasan mengapa alih kode dan kode pencampuran digunakan dalam berita "Pojok Kampung". Selain bahasa Jawa ada juga penggunaan "Bahasa Indonesia" karena kurangnya diksi bahasa Jawa. Di negara multibahasa, menguasai dua bahasa atau lebih bukan hal baru berkomunikasi dengan orang lain. Situasi ini membuat mereka menjadi pembicara bilingual. Menguasai dua bahasa akan menghasilkan switching dan pencampuran bahasa mereka, di mana alih kode dan kode pencampuran terjadi pada "Pojok Kampung" berita.
Dari temuan ini dapat disimpulkan bahwa variasi bahasa, alih kode, dan campur kode terjadi di berita "Pojok Kampung". Penulis berharap bahwa penelitian ini akan bermanfaat bagi pembaca dan orang-orang yang tertarik dalam studi sosiolinguistik khususnya variasi bahasa, alih kode, dan campur kode. Untuk peneliti lain, penulis berharap bahwa akan ada peneliti lain yang dapat memberikan penjelasan yang lebih rinci dari sudut pandang mereka.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Mohammad Kurjum
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayat, Taufiq AnwarUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan > Kesusastraan Inggris
Keywords: Variasi Bahasa; Alih Kode; Campur Kode; Pojok Kampung
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Inggris
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 04 Feb 2015 03:14
Last Modified: 04 Feb 2015 03:14
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/170

Actions (login required)

View Item View Item