Strategi Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Solidaritas dalam mengembangkan pengetahuan keagamaan mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya; study Buletin Beranda dwiwulan edisi 2012-2017 dalam tinjauan teori komunikasi satu arah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yasin, Rohmad (2017) Strategi Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Solidaritas dalam mengembangkan pengetahuan keagamaan mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya; study Buletin Beranda dwiwulan edisi 2012-2017 dalam tinjauan teori komunikasi satu arah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (32MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang sangat pesat adalah fenomena nyata akibat efek globalisasi. Informasi sebagai komoditi primer membentuk opini publik yang dapat mempengaruhi dan mengendalikan pikiran sikap dan perilaku manusia. Adanya prioritas dalam penerbitan yang kurang dalam memberikan wawasan keagamaan menjadi suatu kendala untuk memenuhi kebutuhan masyarakat atau pembaca, dari situ munculah sebuah gagasan untuk menunjukan cara kerja dalam sebuah media pers kampus yang di bungkus menjadi strategi lembaga pers mahasiswa. Alasan penulis memilih judul Strategi Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Solidaritas dalam Mengembangkan Pengetahuan Keagamaan Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya. Karena penulis ingin mengetahui apa isi pesan, dan berapa jumlah presentase isi pesan bulletin dwiwulan oleh LPM Solidaritas dalam mengembangkan pengetahuan keagamaan mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya. Sehingga para jurnalis atau pembaca mengetahui bagaimana strategi yang di gunakan dalam lembaga pers mahasiswa (LPM). Sebagaimana menurut A. Halim dimana strategi adalah digunakan untuk mencapai tujuan sesuai dengan peluang-peluang dan ancaman-ancaman lingkungan eksternal yang dihadapi, serta sumber daya dan kemampuan internal. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif menggunakan analisis isi yaitu mendeskripsikan bagaimana strategi Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) dalam mengembangkan pengetahuan keagamaan mahasiswa menjadi motor, sarana atau penggerak bagi para mahasiswa untuk menyalurkan ide atau suatu gagasan melalui dunia tulis menulis. Dari penelitian yang kemudian dijabarkan dan dianalisis, dapat di tarik kesimpulan bahwa strategi LPM Solidaritas adalah proses atau mempersiapkan berita kepada khalayak yang memiliki nilai jurnalistik dan nilai positif kepada para mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya. Hasil penelitian tersebut menghasilkan angka sebesar 45% dari isi bulletin tahun 2012-2017 mengandung nilai dakwah dan keagamaan. Selanjutnya sebagai penyempurna skripsi ini bisa dilakukan penelitian lanjutan tentang pengaruh maupun peran LPM Solidaritas pada masyarakat tertentu. Sehingga bisa melengkapi kekurangan dalam penelitian ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yasin, RohmadRohmadyasin01@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Komunikasi Islam
Media Massa
Jurnalisme
Keywords: Lembaga Pers Mahasiswa; LPM; Solidaritas; Buletin Beranda
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Yasin Rohmad
Date Deposited: 09 May 2017 02:41
Last Modified: 09 May 2017 02:41
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/16840

Actions (login required)

View Item View Item