Tinjauan hukum Islam serta hukum positif terhadap carok dan penanggulangannya di Kabupaten Bangkalan Madura

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Moh. Gufron Mohnis, Moh. Gufron Mohnis (1989) Tinjauan hukum Islam serta hukum positif terhadap carok dan penanggulangannya di Kabupaten Bangkalan Madura. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (721kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (782kB) | Preview

Abstract

Masyarakat Bangkalan khususnya mayoritas beragama Islam, namun dalam kehidupannya masih sering terjadi pembunuhan atau carok, perbuatan ini disebut perbuatan pidana atau kriminalitas yaitu peristiwa pidana yang dapat mengancamtata tertib masyarakat dan oleh karena itu kepada manusia yang bertindak sebagai pelaku peristiwa tersebut, hukum pidana memberi ancaman hukum. Kejahatan yang masih sering terjadi di Kabupaten Bangkalan Madura adalah pembunuhan yakni menghilangkan nyawa orang dengan jalan disengaja, Hal ini dalam istilah Madura disebut carok. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; 1. Sanksi apa yang diberikan kepada pelaku carok di Bangkalan Madura, 2. Usaha-usaha apakah yang dilakukan oleh pemerintah Cq. Kepolisian, Kejaksaan, Pengadilan dan Rumah Tahanan serta tooh masyarakat formil maupun non formil atau kyai atau ulama’. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan, sedangkan metode analisa datanya adalah metode deskriptif, metode deduksi dan metode induksi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah; 1. Sanksi carok menurut pidana Islam ada 3 sanksi antara lain; a.pidana qishash (dihukum mati) apabila sudah ada keputusan hakim, b.pidana diyat, karena si ahli waris terbunuh memberikan maaf kepada si pembunuh, maka dijatuhi hukuman sebagai berikut; 30 ekor onta berumur 3 tahun, 30 ekor onta berumur 4 tahun atau 40 ekor onta yang sedang hamil, c.pidana ta’zir, yaitu berat dan ringannya sanksi tergantung kepada hakim yang berwenang mengadili. Carok kategori ini adalah balas dendam denagn membunuh terhadap yang pernah membunuh keluarganya, balasan ini dilakukan oleh wali tanpa adanya keputusan hakim. Sanksi carok yang bermotif pembunuhan menurut pidan positif ada 2 kategori yakni carok dikenakan sanksi penjara maksimal 15 tahun jika dilaksanakan dengan sengaja dan jika pembunuhan direncanakan terlebih dulu maka akan dikenkan pidana mati atau penjara seumur hidup atau penjara maksimal 20 tahun. 2. Usaha-usaha dalam mengatasi carok di Kabupaten Bangkalan Madura adalah; a.memberi penyuluhan hukum tentang pentingnya kesadaran hukum, b.ishlah, yaitu mendamaikan kedua belah pihak atau kelompok yang bersengketa dengan mengajak musyawarah yang diikuti oleh tokoh formil maupun non formil, c.mempercepat lajunya pembangunan disegala bidang terutama bidang ekonomi dan pendidikan. d.melarang perbuatan senjata tajam tanpa izin pemerintah, e.memutuskan sanksi yang paling berat, agar mereka jera bagi yang pernah melakukan carok dan merasa takut bagi orang lain yang akan melakukan carok, f.mengadakan pembauran penduduk yakni penduduk pendatang seperti pegawai dan guru agar mereka dapat tukar pikiran dan pengalaman sehingga masyarakat Bangkalan Madura mempunyai pandangan yang lebih luas

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Moh. Gufron Mohnis, Moh. Gufron MohnisUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Pembunuhan
Hukum Islam > Pidana Positif
Uncontrolled Keywords: hukum Islam; hukum positif; carok
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Arsip Syariah
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 08 May 2017 03:00
Last Modified: 08 May 2017 03:00
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/16818

Actions (login required)

View Item View Item