Peran Mandiri Entrepreneur Center (MEC) Surabaya dalam mencetak wirausahawan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nur Iman, Aldi Khusmufa (2017) Peran Mandiri Entrepreneur Center (MEC) Surabaya dalam mencetak wirausahawan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (839kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (537kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (757kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (698kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (630kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (859kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (534kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (562kB) | Preview

Abstract

Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan wawancara secara langsung dengan informan, dalam penelitian ini yaitu pihak manajemen Mandiri Entrepreneur Center (MEC) Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran yang dilakukan Mandiri Entrepreneur Center (MEC) Surabaya dalam mencetak wirausahawan yaitu dengan menjalankan pendidikan kewirausahaan yang mengajarkan teori dan praktik secara langsung. Hal ini ditunjukan dengan beberapa program kewirausahaan antara lain Entrepreneur Camp, Entrepreneur Session, Entrepreneur Motivation dan Entrepreneur Challenge. Selain itu pihak manajemen juga sangat totalitas dalam mendidik peserta didik baik menjadi pribadi yang mandiri ataupun menjadi wirausahawan. Sedangkan untuk proses yang mendukung Mandiri Entrepreneur Center (MEC) Surabaya dalam mencetak wirausahawan diantaranya adalah fasilitas sarana dan prasarana, support dari beberapa pihak seperti manajemen, pengajar dan warga sekitar, selain itu ada pula faktor pendukung utama yaitu karakter dan kemauan dari dalam diri peserta didik serta orang tua. Namun karakter dari dalam diri peserta didik dan juga orang tua bisa menjadi faktor penghambat pula, jika kemauan dari dalam diri peserta didik dirasa kurang serta tidak adanya dukungan dari orang tua. Sejalan dengan hasil penelitian diatas, maka saran yang dapat menjadi bahan masukan pada Mandiri Entrepreneur Center (MEC) Surabaya yaitu sebaiknya memperpanjang masa pendidikan serta program-program yang diterapkan lebih diintensifkan lagi seperti adanya coaching atau pendampingan setelah lulus bagi peserta didik, agar ilmu kewirausahaan yang didapat pesera didik lebih maksimal. Selain itu pihak Mandiri Entrepreneur Center (MEC) Surabaya juga sebaiknya mengumpulkan para orang tua atau wali murid, guna memberikan sosialisasi dan edukasi kepada para orang tua tentang dunia kewirausahaan. Sehingga para orang tua dapat memberikan dukungan kepada peserta didik untuk menjadi wirausahawan

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nur Iman, Aldi Khusmufaaldikhusmufa@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi
Ekonomi Islam
Wirausaha
Uncontrolled Keywords: enterpreneur center; wirausaha
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Iman Aldi Khusmufa Nur
Date Deposited: 04 May 2017 06:48
Last Modified: 04 May 2017 06:48
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/16775

Actions (login required)

View Item View Item