Pengaruh penerapan Hypnoteacing terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIIA dan VIIB SMP Mardi Sunu Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rachman, Syaiful Sisi (2016) Pengaruh penerapan Hypnoteacing terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIIA dan VIIB SMP Mardi Sunu Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (669kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (342kB) | Preview

Abstract

Metode pembelajaran merupakan salah satu masalah pendidikan yang membutuhkan perhatian di negeri ini. Dalam pendidikan agama islam metode yang digunakan masih banyak yang menggunakan metode konvensional. Hypnoteacing merupakan salah satu metode pembelajaran terbaru yang dikembangkan saat ini. Penulisan tesis ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Hypnoteaching terhadap motivasi siswa. Desain penelitian ini berbentuk eksperimen dengan menggunakan kelas VII A sebagai kelas yang diberikan perlakuan tertentu dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Instrument yang dipakai dalam penelitian ini berupa angket.Kegiatan yang dilakukan dalam penelitian ini berupa pemberian angket sebelum pembelajaran untuk mengetahui tingkat motivasi peserta didik (pretest), pembelajaran dengan perlakuan berbeda, pemberian angket untuk mengetahui perubahan tingkat motivasi peserta didik (posttest). Dari hasil angket yang di berikan diolah dengan menggunakan StatisticalPackage For SocialScience (SPSS) versi 18 for windows. Dari hasil temuan penelitian ini ditemukan penerapan Hypnoteaching berada pada tingkatan cukup yaitu sebesar 65,9%. Sedangkan temuan lain mengenai motivasi siswa dalam pebelajaran Pendidikan Agama Islam diperoleh tidak ada perbedaan motivasi rata-rata pretest yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol terbukti dengan df = 73 dan taraf signifikansi 0,05diperoleh t_tabel= 1,666, sedangkam hasil perhitungan diperoleh nilai t = -0,236. Karena 〖-t〗_tabel≤ t_(hitung )≤t_tabel, maka H_O diterima. Namun, dari penghitungan posttest yang diberikan ditemukan motivasi rata-rata pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol atau terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dengan kelas control dengan nilai Sig (2-tailed) = 0,001, karena Sig =0,001 < taraf signifikansi = 0,05 maka H_O ditolak. Dengan tingkat kepercayaan = 95% dan taraf signifikansi 0,05. Dengan df = 73 diperoleh t_tabel= 1,666 , sedangkam hasil perhitungan diperoleh nilai t = 3,451. Karena t_(hitung )>t_tabel, maka H_O ditolak. Temuan lain berikutnya ditemukan bahwa ada pengaruh penerapan hypnoteaching terhadap motivasi siswa di kelas eksperimen terbukti dari penghitungan diperoleh t-hipnoteaching diperoleh t = 7,478 dengan taraf signifikansi = 0,05 diperoleh t_tabel= 1,666 maka t_hitung>t_tabel. Temuan ini menggunakan uji regresi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rachman, Syaiful Sisiipung.d.haki@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Uncontrolled Keywords: Hypnoteacing; motivasi belajar
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rachman Syaiful Sisi
Date Deposited: 05 May 2017 01:46
Last Modified: 28 Aug 2017 08:29
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/16774

Actions (login required)

View Item View Item