Efektivitas kegiatan belajar mengajar mahasiswa PPL FTK UINSA terhadap peningkatan hasil belajar Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rochmah, Ainur (2017) Efektivitas kegiatan belajar mengajar mahasiswa PPL FTK UINSA terhadap peningkatan hasil belajar Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (865kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (763kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (220kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini, yaitu : (1) Bagaimana kegiatan belajar mengajar mahasiswa PPL FTK UINSA yang dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Sidoarjo? (2) Bagaimana hasil belajar fiqih peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Sidoarjo? (3) Apakah kegiatan belajar mengajar mahsiswa PPL FTK UINSA efektif dalam peningkatan hasil belajar fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri Sidoarjo? Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang telah penulis lakukan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Sidoarjo, kegiatan pembelajaran yang awalnya dilakukan oleh guru mata pelajaran yang sudah profesional digantikan oleh mahasiswa PPL yang masih perlu banyak bimbingan dan latihan yang tentu saja menimbulkan berbagai reaksi dari siswa, baik perubahan minat belajar maupun hasil belajar. Kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh mahasiswa PPL yang sudah dibekali berbagai macam teori tentang model dan strategi pembelajaran yang inovatif akan menjadi hal berbeda yang bisa jadi salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari lapangan dan perhitungan dengan menggunakan rumus “r” product moment, dapat disimpulkan bahwa: (1) Kegiatan belajar mengajar yang dilakukan mahasiswa PPL FTK UINSA pada mata pelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri Sidoarjo termasuk dalam kategori cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari data banyaknya peserta didik yang berpendapat bahwa pembelajaran yang dilakukan mahasiswa PPL FTK UINSA efektif dan lebih inovatif dengan hasil prosentase responden sebesar 40 %. (2) Hasil belajar peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Sidoarjo dikatakan meningkat. Hal ini berdasarkan analisa data yang diperoleh dari hasil belajar Fiqih siswa yang semula rata-ratanya 84,81 meningkat menjadi 90,53 dapat dilihat bahwa terdapat peningkatan rata-rata sebanyak 5,72. (3) Kegiatan belajar mahasiswa PPL FTK UINSA dinyatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri Sidoarjo. Hal ini terbukti diterimanya Ha dan ditolaknya Ho dengan nilai “r” sebesar 0,610 lebih besar dari “r” tabel.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rochmah, Ainurainur.rohmah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Mahasiswa PPL; Kegiatan Belajar Mengajar; Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rochmah Ainur
Date Deposited: 03 May 2017 06:53
Last Modified: 03 May 2017 06:53
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/16745

Actions (login required)

View Item View Item