Flow akademik pada siswa berprestasi tinggi di SMA Negeri 3 Kota Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Utami, Diny (2017) Flow akademik pada siswa berprestasi tinggi di SMA Negeri 3 Kota Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (192kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana flow akademik yang dialami oleh siswa berprestasi yang dilihat dari pengalaman, perilaku, serta perasaan siswa selama mengerjakan pekerjaan di sekolahnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan strategi pendekatan studi kasus, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi dan wawancara serta triangulasi untuk memperoleh keabsahan data. Subjek dalam penelitan adalah salah seorang siswa berprestasi di sekolahnya. Penelitian ini menemukan enam hasil temuan yang telah dikategorikan berdasarkan tema. Pertama, telah ditemukan gambaran flow yakni mulai dari adanya tujuan yang jelas kemudian bertindak sehingga menghasilkan umpan balik. Adanya keterlibatan penuh terhadap aktifitas dan menghadapi kemungkinan situasi yang sulit. Di samping itu setiap tindakan disertai konsentrasi dan kontrol yang baik hingga menimbulkan hilangnya self conciousness dan distorsi waktu. Kedua, telah ditemukan pula temuan tambahan yakni beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa mulai cara guru menyampaikan materi pelajaran. Ketiga, faktor dari dalam individu yang terkait dengan motifasi dan melakukan aktifitas belajar atas kehendak sendiri. Selanjutnya, faktor dukungan orang tua dan penanaman pentingnya belajar bagi siswa. Kelima, yakni faktor fisik dimana dalam keadaan sehat dan bugar siswa dapat melakukan aktifitasnya dengan segar. Dan hasil temuan keenam, merupakan faktor kondisi lingkungan belajar siswa yang meliputi suhu ruangan, fasilitan dan sarana yang memadai.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Utami, DinyDiny.Erly@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kecerdasan
Psikologi
Keywords: Flow akademik; siswa berprestasi
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Utami Diny
Date Deposited: 04 May 2017 01:35
Last Modified: 31 Aug 2017 07:44
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/16743

Actions (login required)

View Item View Item