Peningkatan keterampilan menulis cerita pengalaman melaksanakan peran dalam keluarga pada mata pelajaran IPS melalui strategi pembelajaran writing in the here and now di kelas II MI Nurul Islam Sidoarjo

Mariandari, Rida (2017) Peningkatan keterampilan menulis cerita pengalaman melaksanakan peran dalam keluarga pada mata pelajaran IPS melalui strategi pembelajaran writing in the here and now di kelas II MI Nurul Islam Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (778kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (106kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis cerita bagi siswa kelas II di MI Nurul Islam Sidoarjo pada mata pelajaran IPS. Hal ini dapat dilihat dari hasil pra test yang diberikan kepada siswa. Berdasarkan hasil pra test tersebut, menunjukkan bahwa keterampilan menulis siswa kelas 2 masih rendah. Dari 11 siswa hanya ada 2 siswa yang mendapatkan nilai sesuai dengan KKM yang ditentukan, yakni 75 dan 9 siswa mendapatkan nilai di bawah KKM. Berdasarkan pengamatan peneliti, diketahui bahwa 4 siswa sudah bisa menulis cerita dengan lancar. 2 siswa masih belum bisa menuliskan cerita dengan lancar dan 5 siswa sudah bisa menulis cerita akan tetapi dalam menulis masih terpengaruh oleh temannya. Diharapkan dengan penerapan strategi pembelajaran writing in the here and now, akan mampu membantu siswa dalam meningkatkan keterampilan menulis cerita pengalaman melaksanakan peran dalam keluarga untuk dituangkan dalam bahasa tulis. Tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk mengetahui 1) untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran writing in the here and now dalam rangka meningkatkan keterampilan menulis cerita pengalaman melaksanakan peran dalam keluarga di kelas II MI Nurul Islam Sidoarjo. 2) untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis cerita pengalaman melaksanakan peran dalam keluarga setelah diterapkan strategi pembelajaran writing in the here and now. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan secara kolaborasi. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas II MI Nurul Islam Sidoarjo yang berjumlah 11 siswa. Data pada penelitian tindakan kelas ini diperoleh melalui observasi, wawancara, non tes, dan dokumentasi. Penilaian diambil dari 70% nilai produk siswa ditambah 30% nilai performance siswa. Aspek yang dinilai dari penilaian produk adalah kesesuaian, ketepatan, kemenarikan cerita, jelas. Adapun untuk aspek performance penilaiannya adalah intonasi suara, kelancaran bercerita, dan percaya diri.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran writing in the here and now berjalan dengan baik. Pada penelitian ini Aktivitas guru meningkat dari 79 menjadi 89 dan aktivitas siswa meningkat dari 75 menjadi 88. Pada pra siklus prosentase keterampilan menulis cerita sebesar 18% (gagal), pada siklus I prosentase ketuntasan keterampilan menulis cerita sebesar 45% (gagal), dan pada siklus II prosentase ketuntasan keterampilan menulis cerita mencapai 82%(baik).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Musthofa, M. Bahri
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran; writing in the here and now; keterampilan menulis
Subjects: Menulis
Pendidikan
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mariandari Rida
Date Deposited: 03 May 2017 06:38
Last Modified: 31 Aug 2017 07:41
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/16731

Actions (login required)

View Item View Item