Tinjauan hukum Islam terhadap pembayaran kode unik dalam jual beli online di Tokopedia

Ernawati, Sulung Septya (2017) Tinjauan hukum Islam terhadap pembayaran kode unik dalam jual beli online di Tokopedia. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (611kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (310kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah mengenai bagaimana status hukum kode unik di Tokopedia dan bagaimana analisis hukum Islam terhadap pembayaran kode unik dalam jual beli online di Tokopedia.

Data penelitian ini dihimpun melalui dokumentasi dan wawancara. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan metode deskriptif analisis, yaitu pembahasan yang dimulai dengan mengumpulkan data yang diperoleh dari lapangan tentang pembayaran kode unik di Tokopedia. Kemudian data dianalisis menggunakan hukum Islam yaitu teori ija>rah.

Temuan dalam penelitian ini adalah status hukum kode unik di Tokopedia merupakan akad sewa-menyewa antara penjual (pihak penyewa) dan Tokopedia (yang menyewakan). Tokopedia tidak menjelaskan biaya sewa yang harus dibayar oleh penjual dan tidak ada batas waktu untuk pemakaian objek sewa. Tokopedia tidak mengatur lebih jelas tentang penentuan harga barang yang ditawarkan oleh penjual di situsnya. Namun, pada total pembayaran ada penambahan kode unik yang nantinya dibebankan kepada pihak pembeli yang menggunakan fasilitas pembayaran transfer bank. Kode unik adalah nominal yang ditambahkan pada total pembayaran ketika pembeli memilih melakukan pembayaran melalui transfer bank. Sehingga pembeli harus membayar sejumlah total pembayaran dan kode uniknya, apabila pembeli tidak membayar kode unik maka transaksi tidak dapat di proses oleh pihak Tokopedia.

Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan, pembayaran kode unik dalam jual beli online di Tokopedia diperbolehkan dalam hukum Islam karena pada dasarnya pembayaran kode unik dalam aturan hukum Islam merupakan akad ija>rah. Pembayaran kode unik dirasa tidak menyalahi aturan hukum Islam dalam hal perolehannya, karena kode unik tersebut telah terhindar dari riba. Transaksi yang dilakukan juga telah sesuai dengan aturan hukum Islam, yaitu saling bertukar manfaat antara manusia satu dengan yang lainnya. Dengan adanya pembayaran kode unik kedua belah pihak juga tidak merasa dirugikan,
sehingga dapat mencegah terjadinya permusuhan dan perselisihan.

Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka disarankan kepada pihak Tokopedia, agar menjaga dan meningkatkan mutu pelayanan bagi pengguna situs, baik kepada penjual maupun kepada pembeli. Kepada pihak penjual dan pembeli hendaknya selalu memperhatikan prinsip-prinsip yang telah diajarkan oleh syariat Islam agar tidak terjerumus kepada hal-hal yang dilarang oleh agama Islam.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam; Pembayaran kode unik
Subjects: Jual Beli
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Ernawati Sulung Septya
Date Deposited: 03 May 2017 06:55
Last Modified: 03 May 2017 06:55
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/16712

Actions (login required)

View Item View Item