Perbandingan kemampuan penalaran Matematika dalam memecahkan masalah antara siswa bertipe kepribadian Ekstrovert dan Introvert

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aziz, Ja'far Abdul (2017) Perbandingan kemampuan penalaran Matematika dalam memecahkan masalah antara siswa bertipe kepribadian Ekstrovert dan Introvert. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (873kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (785kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (395kB) | Preview

Abstract

Penalaran erat kaitannya dengan tipe kepribadian, karena penalaran merupakan aktivitas berpikir dalam pengambilan keputusan. Sedangkan tipe kepribadian berkenaan dengan sikap yang dilakukan dalam pengambilan sebuah keputusan. Siswa yang berbeda tipe kepribadiannya bisa saja memiliki cara yang tidak sama dalam belajar dan memahami materi pelajaran matematika, sehingga penalarannya pun juga berbeda. Berdasarkan latar belakang tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan penalaran matematika dalam memecahkan masalah pada siswa bertipe kepribadian ekstrovert dan introvert. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Negeri 3 Sidoarjo, dengan menggunakan siswa kelas XII MIPA 7 sebagai sampel penelitian. Sampel dikelompokkan ke dalam dua kategori, yaitu siswa bertipe kepribadian ekstrovert dan siswa bertipe kepribadian introvert. Kemudian masing-masing kelompok diberikan tes kemampuan penalaran matematika dalam memecahkan masalah. Selanjutnya dilakukan uji normalitas dan homogenitas data. Setelah itu dianalisis menggunakan uji kesamaan dua rata-rata (uji-t) untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan penalaran matematika dalam memecahkan masalah antara siswa bertipe kepribadian ekstrovert dan siswa bertipe kepribadian introvert.Dari hasil uji hipotesis kesamaan dua rata-rata (uji-t) didapat thitung sebesar 2,1362 sedangkan ttabel sebesar 2,0555, sehingga nilai thitung > ttabel. Hasil uji hipotesis menunjukkan penolakan terhadap H0, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan kemampuan penalaran matematika dalam memecahkan masalah antara siswa bertipe kepribadian ekstrovert dan siswa bertipe kepribadian introvert.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aziz, Ja'far Abduljafar.abdul.aziz94@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan
Uncontrolled Keywords: Penalaran Matematika; pemecahan masalah; Ekstrovert; Introvert
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Aziz Ja'far Abdul
Date Deposited: 03 May 2017 02:34
Last Modified: 22 Aug 2017 04:22
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/16700

Actions (login required)

View Item View Item