Penggunaan permainan gramatika cepat untuk meningkatkan kemampuan menulis al-unwan mata pelajaran bahasa Arab kelas IV di Madrasah Ibtida'iyah Tahsinul Akhlaq Bahrul Ulum Surabaya

Kholisah, Lilis (2017) Penggunaan permainan gramatika cepat untuk meningkatkan kemampuan menulis al-unwan mata pelajaran bahasa Arab kelas IV di Madrasah Ibtida'iyah Tahsinul Akhlaq Bahrul Ulum Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (559kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1 .pdf

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (635kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (557kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5 .pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (299kB) | Preview

Abstract

Kemampuan menulis Bahasa Arab merupakan materi yang harus dikuasai oleh siswa. untuk itu diperlukan kemampuan menulis yang baik dan tepat dalam menulis Bahasa Arab. Akan tetapi hasil pra siklus terhadap siswa kelas IV MI Tahsinul Akhlaq Bahrul Ulum Surabaya menunjukkan bahwa hanya 50% siswa yang mampu menulis Bahasa Arab. Hal ini membuktikan bahwa kemampuan menulis Bahasa Arab siswa masih kurang atau rendah, ini disebabkan kurangnya variasi dalam pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Berdasarkan hasil pra siklus tersebut peneliti ingin untuk memperbaiki cara pembelajaran yang dilakukan guru melalui penelitian tindakan kelas yang menggunakan permainan gramatika cepat. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penggunaan permainan gramatika cepat dalam meningkatkan kemampuan menulis Al-‘Unwan di MI Tahsinul Akhlaq Bahrul Ulum Surabaya, (2) Bagaimana peningkatan kemampuan menulis Al-‘Unwan setelah penggunaan permainan gramatika cepat di MI Tahsinul Akhlaq Bahrul Ulum Surabaya. Tindakan yang dipilih dalam menyelesaikan permasalahan yaitu dengan menggunakan permainan gramatika cepat meningkatkan kemampuan menulis Al-‘Unwan dalam PTK model Kurt Lewin ini dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV MI Tahsinul Akhlaq Bahrul Ulum Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dari hasil deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis Al-‘Unwan menggunakan permainan gramatika cepat pada siklus I mendapatkan nilai rata-rata 71,94 dengan kategori cukup baik. Sedangkan pada siklus II kemampuan menulis Al-‘Unwan dengan penggunaan permainan gramatika cepat nilai rata-rata meningkat menjadi 81,66 dengan kategori baik. Siswa mampu menulis bahasa Arab Materi Al-‘Unwan sesuai dengan ketentuan penulisan Bahasa Arab seperti khot dan gramatikanya dengan menggunakan permainan gramatika cepat.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Permainan Gramatika Cepat; kemampuan menulis; al unwan
Subjects: Menulis
Pendidikan
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Khalisah Lilis
Date Deposited: 03 May 2017 07:05
Last Modified: 03 May 2017 08:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/16695

Actions (login required)

View Item View Item