Penerapan straregi True or False untuk meningkatkan pemahaman mata pelajaran Aqidah Akhlak materi Asmaul Husna siswa kelas IV MI Muhammadiyah 21 Kapas Bojonegoro

Aula, Fiki DZakiyyatul (2017) Penerapan straregi True or False untuk meningkatkan pemahaman mata pelajaran Aqidah Akhlak materi Asmaul Husna siswa kelas IV MI Muhammadiyah 21 Kapas Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi .pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (978kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (218kB) | Preview

Abstract

Dalam pelaksanaan pembelajaran Aqidah Akhlak di kelas IV MI Muhammadiyah 21 Kapas Bojonegoro menunjukan kegiatan pembelajaran yang dilakukan belum maksimal. Dalam proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru masih menggunakan strategi atau metode ceramah dan penugasan, sehingga berdampak pada pemahaman siswa. Hal ini tercermin dari nilai rata-rata pada saat sebelum dilakukannya penelitian masih dibawah nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Menanggapi hal tersebut maka peneliti mencoba menggunakan strategi true or false, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas IV MI Muhammadiyah 21 Kapas Bojonegoro.
Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini adalah : (1)Bagaimana penerapan strategi true or false untuk meningkatkan pemahaman mata pelajaran Aqidah Akhlak materi asmaul husna siswa kelas IV Muhammadiyah 21 Kapas Bojonegoro? (2)Bagaimana peningkatan pemahaman mata pelajaran Aqidah Akhlak materi asmaul husna siswa kelas IV MI Muhammadiyah 21 Kapas Bojonegoro setelah menggunakan strategi True or False?
Metode penelitian dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindak Kelas (PTK).Model yang digunakan dalam ini adalah model penelitain Kurt Lewin, terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi) dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV MI Muhammadiyah 21 Kapas Bojonegoro tahun pelajara 2016-2017 dengan jumlah siswa 16 siswa, terdiri dari 10 siswa laki dan 6 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan penilaian tes tulis.
Hasil penelitian ini dapat dijelaskan sebagai berikut: 1) Penerapannya dalam strategi true or false terdapat peningkatan aktifitas guru dan siswa disetiap siklusnya, ini bisa dibuktikan untuk aktifitas guru pada siklus I memperoleh skor 72,5 (tinggi) sedangkan pada siklus II mencapai 85 (sangat tinggi). Aktifitas siswa pada siklus I mencapai 67,5 (tinggi) sedangkan pada siklus II mencapai 82,5 (sangat tinggi). 2)Terdapat peningkatan pemahaman siswa pada tiap siklusnya. Pada siklus I prosentase ketuntasan belajar sebesar 56,25%, dengan adanya kekurangan pada siklus I peneliti melakukan perbaikan-perbaikan di siklus II. Pada siklus II perosentase pemahaman meningkat menjadi 87,5%, sehingga pada siklus II dinyatakan berhasil karena sudah mencapai indikator kinerja.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi True of False; materi pendidikan; aqidah akhlak; Asmaul Husna
Subjects: Asmaul Husna
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aula Fiki Dzakiyyatul
Date Deposited: 03 May 2017 04:09
Last Modified: 03 May 2017 04:09
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/16667

Actions (login required)

View Item View Item