Peningkatan pemahaman materi penggolongan makhluk hidup mata pelajaran IPA melalui strategi identitas korporat siswa kelas III MI Darussalam Sidoarjo

Sholikha, Annisatul (2017) Peningkatan pemahaman materi penggolongan makhluk hidup mata pelajaran IPA melalui strategi identitas korporat siswa kelas III MI Darussalam Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (711kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (118kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penulisan ini adalah kurangnya pemahaman siswa kelas III MI Darussalam Sidoarjo pada materi Penggolongan Hewan mata pelajaran IPA. Guru yang masih menggunakan strategi konvensional yakni pembelajaran bepusat pada guru sehingga pemahaman siswa kurang dikarenakan selama pembelajaran siswa kurang aktif. Untuk mengatasi hal tersebut, penulis menggunakan inovasi strategi untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi penggolongan hewan mata pelajaran IPA, yaitu strategi Identitas Korporat. Rumusan masalah yang diambil pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan strategi Identitas Korporat pada materi penggolongan makhluk hidup mata pelajaran IPA pada siswa kelas III MI Darussalam Sidoarjo? (2) Bagaimana peningkatan pemahaman materi penggolongan makhluk hidup mata pelajaran IPA pada siswa kelas III MI Darussalam Sidoarjo setelah diterapkan strategi Identitas Korporat?. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui penerapan strategi Identitas Korporat pada materi penggolongan makhluk hidup mata pelajaran IPA pada siswa kelas III MI Darussalam Sidoarjo. (2) Untuk mengetahui peningkatan pemahaman materi penggolongan makhluk hidup mata pelajaran IPA pada siswa kelas III MI Darussalam Sidoarjo setelah diterapkan strategi Identitas Korporat. Metode penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahap pada tiap siklusnya, yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan strategi Identitas Korporat pada siswa kelas III MI Darussalam Sidoarjo telah dilaksanakan dengan baik melalui berbagai perbaikan dari tiap refleksi pada masing-masing siklus. Dapat dilihat dari aktivitas guru pada siklus I memperoleh 67,65 (tidak baik) mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 85,29 (baik). Sedangkan untuk aktivitas siswa pada siklus I memperoleh 65,38 (tidak baik) dan pada siklus II memperoleh 86,53 (sangat baik). (2) Adanya peningkatan pemahaman siswa terbukti dari nilai rata-rata siswa pada siklus I mendapat 78,36 (baik) dan pada siklus II 83,09 (sangat baik). Ketuntasan pemahaman siswa pada siklus I adalah 54,54% (cukup) sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 81,81% (baik)

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Wahyuniati, Wahyuniati
Uncontrolled Keywords: Pelajaran IPA; strategi identitas korporat
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sholikha Annisatul
Date Deposited: 03 May 2017 01:47
Last Modified: 25 Aug 2017 08:45
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/16643

Actions (login required)

View Item View Item